5.413 jiwa di Tangerang, Banten, terdampak banjir

id Bencana Banjir ,Kabupaten Tangerang ,BPBD Kabupaten Tangerang

5.413 jiwa di Tangerang, Banten, terdampak banjir

Petugas BPBD Kabupaten Tangerang saat evakuasi warga yang terdampak bencana banjir (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Tangerang)

Tangerang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mencatat sebanyak 5.413 jiwa terdampak bencana banjir akibat curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan meluapnya beberapa aliran sungai di daerah itu.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat di Tangerang, Sabtu, mengatakan bahwa dari ribuan jiwa yang terdampak bencana alam tersebut berasal dari Desa Tanjung Burung, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, dan Desa Keramat, Kecamatan Pakuhaji.

"Banjir ini memang dari air sungai yang meluap hingga ke permukiman warga. Total yang terdampak ada tiga desa dengan dua kecamatan," katanya.

Menurut dia, banjir yang merendam permukiman warga ini berasal dari curah hujan yang terjadi sejak Jumat (16/2) lalu, hingga mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Cisadane.



Dari jumlah ribuan jiwa yang terdampak banjir tersebut, terdapat 19 rukun tetangga (RT) dengan ketinggian air mencapai 20 centimeter hingga 100 centimeter.

"Ketinggian air beragam, mulai dari 20 centimeter sampai 100 centimeter. Namun, di beberapa titik sudah ada yang mulai surut," tuturnya.

Ia mengungkapkan, bencana alam banjir dari luapan aliran sungai ini telah terjadi sejak pagi hari. Hingga sebagian warga terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD: 5.413 jiwa di Kabupaten Tangerang terdampak banjir 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024