Guru harus perhatikan tindakan perundungan, pinta psikolog

id Perundungan,Guru,Sekolah,Lingkungan sekolah,Mental anak-anak,Peran guru

Guru harus perhatikan tindakan perundungan, pinta psikolog

Siswa mengikuti aksi cap tangan saat deklarasi anti bullying di SMP Lazuardi Kamila Global Compassianote School (SCS) Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). . ANTARAFOTO/Maulana Surya. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Jakarta (ANTARA) - Psikolog klinis Annisa Mega Radyani, M. Psi., mendorong guru untuk lebih memperhatikan situasi-situasi di sekolah yang mengindikasikan terdapat tindakan perundungan terhadap murid tertentu.

"Diharapkan para guru bisa cukup aware (sadar) dengan situasi-situasi di kelasnya apabila terlihat ada kemungkinan ada anak yang di-bully (dirundung)," kata Annisa saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Menurut psikolog lulusan Universitas Indonesia itu, pasti terdapat tanda-tanda terjadinya tindakan perundungan di dalam lingkungan kelas atau sekolah karena perilaku tersebut tidak hanya terjadi sekali, tetapi berulang-ulang.



Annisa menilai lingkungan sekolah sangat memengaruhi perkembangan mental anak karena pada usia sekolah, anak-anak akan sering berinteraksi dengan lingkungan sekolah baik dengan guru maupun teman-teman sebayanya.

"Sehingga sangat penting untuk sekolah sangat fokus juga mendidik nilai-nilai pribadi itu seperti apa dan dicontohkan artinya di zaman sekarang anak-anak bisa mendapatkan informasi yang sangat banyak dari manapun," ujarnya

Dia menambahkan, peran sekolah menjadi sangat penting untuk memberi pengajaran sejak dini kepada murid perilaku mana yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Psikolog dorong guru lebih memperhatikan tindakan perundungan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024