Lulusan UT berkontribusi dalam pembangunan Indonesia

id Universitas Terbuka, Pembangunan Jawa timur

Lulusan UT berkontribusi dalam pembangunan Indonesia

Wisuda Universitas Terbuka Malang Program Sarjana dan Diploma Periode I Tahun Akademik 2023/2024 di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/3//2024). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan lulusan Universitas Terbuka (UT) memiliki peranan penting dan mampu berkontribusi dalam pembangunan serta pelayanan publik di Indonesia.

Saat menghadiri wisuda UT Malang Program Sarjana dan Diploma Periode I di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, Adhy mengatakan  Universitas Terbuka sejak 2019 mampu mencetak Aparatur Sipil Negara (ASN) terbanyak di Indonesia.

"UT ini juga berkontribusi dalam pembangunan dan pelayanan publik. Berdasarkan data, UT berhasil mencetak aparatur sipil negara terbanyak di Indonesia sejak tahun 2019," kata Adhy.

Adhy menjelaskan, lulusan UT Malang, diharapkan mampu menunjukkan sejumlah peran seperti peran intelektual di masyarakat, kemanusiaan dan berbagai peran kebangsaan, demi kemajuan bangsa dan negara.

Menurutnya, pendidikan tinggi memainkan peran inti bagi pembangunan nasional dan menghadapi revolusi industri 4.0. terlebih, perguruan tinggi merupakan institusi yang adaptif dan relevan dengan perkembangan zaman.

"Institusi pendidikan tinggi selama ini telah mampu menjaga relevansi dan eksistensinya sebagai pencetak sdm yang unggul, berdaya saing global, dan berakhlak mulia," katanya..

Ia mengatakan UT Malang merupakan perguruan tinggi yang terbuka bagi berbagai kalangan. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah mahasiswa disabilitas yang dapat menempuh studi dengan optimal di universitas tersebut.

Jawa Timur memiliki potensi siswa lulusan sekolah menengah lebih dari 300 ribu orang per tahun, yang dapat menjadi sumber daya utama pembangunan di negeri guna mewujudkan visi Indonesia emas 2045, katanya.

"Jumlah siswa sekolah menengah aktif di Jatim mencapai 1,3 juta orang. Ini potensi luar biasa yang harus kita upayakan bersama agar lulusan sekolah menengah dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan di perguruan tinggi. Sehingga, potensi ini dapat dimanifestasikan," ujarnya.

Dengan potensi sumber daya manusia unggul dan memiliki keseimbangan ilmu serta akhlak tersebut, diharapkan nantinya bisa turut serta membangun dan memajukan Jawa Timur dan Indonesia secara umum.



 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024