Terjadi pergerakan 193,6 juta orang di Indonesia selama Lebaran 2024

id Kemenhub,Menhub,Pergerakan,Lebaran 2024,mudik

Terjadi pergerakan 193,6 juta orang di Indonesia selama Lebaran 2024

Ilustrasi - Suasana di Stasiun Kereta Api di Jogyakarta, Selasa (5/3/2024). ANTARA/Harianto.

Jakarta (ANTARA) - Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan para pakar memprediksi pergerakan masyarakat selama Idul Fitri 1445H/2024 Masehi mencapai 193,6 juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan prediksi tersebut berdasarkan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024.

“Berdasarkan hasil survei tersebut, pergerakan masyarakat secara nasional berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang,” kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Budi menyampaikan angka tersebut meningkat dibandingkan pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

Ia menuturkan hasil survei yang melibatkan para pakar dan akademisi di bidang transportasi tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Hasil survei ini juga telah diinformasikan kepada pemangku kepentingan (stakeholder) terkait seperti kementerian/lembaga, pemerintah daerah, Korlantas Polri, BUMN dan swasta.

"Melihat gambaran kondisi tersebut, kami melakukan langkah persiapan baik secara operasional maupun kebijakan dalam pengendalian, pengaturan transportasi, dan penanganan secara komprehensif bersama Instansi kementerian dan lembaga pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta pihak swasta," ujar Budi.

Budi menyampaikan pemerintah akan memberlakukan kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang mengakibatkan kepadatan di simpul dan di ruas jalan melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

"Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan," lanjut Budi.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pergerakan masyarakat saat Lebaran 2024 diprediksi 193,6 juta orang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024