Berawan, cuaca di Indonesia

id bmkg,brin,ramalan cuaca,perkiraan cuaca,cuaca hari ini,cerah berawan

Berawan, cuaca di Indonesia

Arsip foto - Cuaca cerah berawan di Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA/Christian Holatila)

Jakarta (ANTARA) - BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan mendominasi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada Selasa ini.

Berdasarkan keterangan di laman web resmi BMKG di Jakarta, Selasa, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Serang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Mamuju, Gorontalo, Manado, dan Ternate.

Sejumlah daerah seperti Pekanbaru, Bandung, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, dan Kendari diprakirakan berawan, serta Ambon dengan awan yang lebih tebal pada hari ini.

Sedangkan hujan diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Palembang, Palangkaraya, Mataram, Kupang, Manokwari, Makassar, dan Jayapura dengan intensitas ringan, serta Bandar Lampung dengan intensitas sedang.

Terkait adanya perubahan iklim di sejumlah wilayah di Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan kemunculan banyak siklon tropis mengindikasi perubahan iklim yang telah berkontribusi dalam peningkatan intensitas kejadian cuaca ekstrem di Indonesia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan cerah berawan mendominasi cuaca di Indonesia hari ini