PMI bantu kebutuhan pengungsi korban banjir Demak, Jateng

id banjir demak,bantuan pmi,ketua pmi,jusuf kalla,pengungsi demak,tanggul wulan jebol,bencana jateng,banjir jateng

PMI bantu kebutuhan pengungsi korban banjir Demak, Jateng

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla didampingi Bupati Demak Eisti'anah tengah menjabat tangan seorang anak di tempat pengungsian di Balai Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Rabu (20/3/2024). JK juga menyerahkan bantuan untuk pengungsi. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Demak (ANTARA) -
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengungkapkan pihaknya siap memenuhi kebutuhan warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang berada di tempat pengungsian, menyusul bencana banjir yang kembali terjadi di daerah setempat.
 
"Kami data terlebih dahulu, kebutuhan para pengungsi apa saja," ujar Jusuf Kalla didampingi Bupati Demak Eisti'anah dan Wakil Bupati Demak Ali Makhsun beserta Sekda Demak Akhmad Sugiharto usai menyerahkan bantuan secara simbolis di tempat pengungsian di Balai Desa Ngaluran, Kecamatan Karanganyar, di Demak, Rabu.
 
Nantinya, kata dia, PMI akan membantu dan pengaturannya dilakukan bersama Bupati Demak.
 
 
Ia menganggap kebutuhan masing-masing pengungsi berbeda, karena untuk anak-anak misalnya bisa diberikan nasi bubur. Sedangkan orang dewasa diberi sarung.
 
"Kami juga sudah menyiapkan sarung dalam jumlah ribuan," ujar Jusuf Kalla.
 
Untuk kebutuhan sarana dan prasarana seperti mesin pompa  akan dipenuhi dengan mesin pompa yang besar agar bisa digunakan untuk pengeringan genangan banjir. Untuk mencegah kasus bencana banjir terulang, kata dia, maka perlu melakukan perbaikan selokan dan drainase.
 
"Jika membangun rumah, maka selokannya jangan ditutup karena saat hujan air tidak bisa masuk ke selokan," ujar Jusuf Kalla.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jusuf Kalla: PMI siap penuhi kebutuhan pengungsi akibat banjir Demak 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024