Mempermudah evakuasi longsor Cipongkor, Jabar, BNPB modifikasi cuaca

id BNPB,Longsor Cipongkor,bandung barat,longsor bandung,modifikasi cuaca,evakuasi korban longsor

Mempermudah evakuasi longsor Cipongkor, Jabar, BNPB modifikasi cuaca

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat memberikan keterangan usai meninjau posko pengungsian korban longsor di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/3/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

Bandung Barat (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan operasi modifikasi cuaca untuk mengurangi intensitas hujan guna mempermudah mengevakuasi korban yang masih tertimbun material longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar).

“Bekerja sama dengan BMKG untuk cuaca, khususnya hujan ini, akan kami upayakan untuk dikurangi menggunakan teknologi modifikasi cuaca,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Kabupaten Bandung Barat, Rabu.

Berdasarkan analisa BNPB, upaya tersebut dinilai cukup efektif untuk mereduksi intensitas hujan yang saat ini sedang tinggi, sehingga menyebabkan longsor di wilayah tersebut.

Ketika curah hujan sudah dapat terkendali, kata dia, maka tim SAR gabungan mampu melakukan proses evakuasi dan pencarian korban dengan baik dan tidak terhalang hujan.
 

“Jadi operasi modifikasi cuaca ini biar jangan sampai datang hujan lagi, itu rekomendasi dari kami,” katanya.

Lebih lanjut dia menyebut hingga saat ini tim SAR gabungan baru menemukan lima jasad dari 10 korban yang tertimbun longsor di lokasi tersebut.

“Sampai sekarang korban jiwa ada 10 dan hari ini yang sudah ditemukan ada lima jenazah yang berhasil diidentifikasi,” katanya.

Sementara itu Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Meidi menyampaikan karena faktor kondisi alam, tim SAR gabungan cukup kesulitan untuk menemukan para korban di area tersebut.

 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB siapkan modifikasi cuaca, permudah evakuasi longsor Bandung Barat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024