H-2 Lebaran 2024, lonjakan penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma

id arus mudik,mudik 2024,bandara halim,puncak arus mudik,Bandara Halim Perdanakusuma,mudik lebaran

H-2 Lebaran 2024, lonjakan penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma

Suasana area keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4/2024). ANTARA/Rizka Khaerunnisa

Jakarta (ANTARA) -
KSO Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) memperkirakan lonjakan jumlah penumpang yang berangkat untuk mudik melalui bandar udara tersebut terjadi mulai H-2 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
 
"Mulai dari H-2 itu biasanya sudah mulai ada peningkatan yang cukup signifikan, terus semakin naik. Setelah itu ada masa low-nya dulu (penurunan jumlah penumpang), baru sehabis itu naik lagi pas arus milir ke Jakarta," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian saat dijumpai ANTARA di Jakarta, Jumat.

Pihak pengelola belum merinci total jumlah penumpang pada Jumat atau H-5 Lebaran. Namun, Nadia memperkirakan terjadi peningkatan jumlah pengguna transportasi udara dari Bandara Halim sebanyak 2.000-3.000 penumpang dibandingkan hari sebelumnya.
 
 
"Biasanya (di hari normal) rata-rata penumpang mencapai 6.000 sampai 7.000 (orang). Sekarang sudah mulai di kisaran 9.000-10.000 ribu penumpang," ujar dia.
 
 
Pada 2023, menurut Nadia, puncak arus mudik dan milir di Bandara Halim terjadi pada H-1, hari H Lebaran, dan H-1. Saat itu, jumlah penumpang per harinya pada puncak mudik dan milir mencapai lebih dari 10.000 orang.
 
 
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Nadia mengatakan maskapai Citilink menambah rute penerbangan selama periode libur Lebaran yaitu rute Halim-Pekanbaru dan Halim-Balikpapan.
 
 
Citilink juga menambah penerbangan (extra flight) untuk rute Halim-Surabaya dan Halim-Padang. Selain itu, maskapai Batik Air juga menambah penerbangan yaitu untuk rute Halim-Batam, Halim-Yogyakarta, dan Halim-Semarang.
 
 
"Untuk top destination-nya, pertama itu pasti Kualanamu. Lalu ada Denpasar, Yogyakarta, Palembang, dan Semarang," imbuh Nadia.
 
Selama periode libur Lebaran, Nadia mengatakan pihak KSO HLP menyediakan beberapa penambahan fasilitas di sekitar area bandara salah satunya meningkatkan bandwith atau menambah kecepatan jaringan Wifi sehingga calon penumpang dapat mengakses internet gratis lebih cepat.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lonjakan penumpang di Bandara Halim diperkirakan mulai H-2 Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024