Bupati Bantul tekankan pentingnya jaga kebugaran agar jadi lansia mandiri

id Senam bugar lansia ,Jaga kebugaran tubuh ,Lansia yang mandiri

Bupati Bantul tekankan pentingnya jaga kebugaran agar jadi lansia mandiri

Senam Bugar Lansia dalam rangkaian menyemarakkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-13 tahun 2024 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sabtu (8/6/2024). (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih menekankan kepada masyarakat kabupaten ini tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh agar nantinya dapat menjadi lansia (lanjut usia) yang sehat dan mandiri.

"Umur tidak begitu berpengaruh terhadap kebugaran manusia. Lansia itu yang penting bahagia. Semoga seluruh lansia se-Bantul tetap mandiri, sehat, sejahtera dan terus berkarya bagi bangsa dan negara," kata Bupati Bantul dalam keterangannya di Bantul, Minggu.

Upaya mengajak lansia di Bantul agar tetap menjaga kebugaran salah satunya dengan senam bugar lansia dalam rangkaian menyemarakkan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-13 tahun 2024, oleh Pemkab Bantul berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Bantul.

"Usia bukan patokan kebugaran seseorang. Untuk itu, menjadi penting menjaga kebugaran tubuh agar nantinya dapat menjadi lansia yang mandiri, sehat dan dapat terus berkarya," katanya.

Menurut dia, melalui senam bugar lansia juga diharapkan dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan sekaligus sebagai sarana untuk refreshing dan wadah silaturahmi antarlansia se-Kabupaten Bantul.

Kegiatan senam bugar lansia yang diikuti sekitar 500 orang dan pra lansia se-Bantul tersebut juga bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa raga, serta peran para orang tua yang telah lanjut usia di Kabupaten Bantul.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh Halim mengatakan momentum ini dapat dijadikan pengingat bahwa menjadi lansia adalah sebuah keniscayaan. Namun menjadi seorang lansia yang mandiri dan bugar adalah sebuah pilihan.

"Ini sebetulnya momentum pengingat juga bagi kita pra-lansia bahwa suatu saat kita akan mencapai usia lanjut. Kita punya harapan ketika kita sudah menjadi lansia kita tetap menjadi lansia yang mandiri, tangguh, serta selalu bugar," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024