Lenovo hadirkan inovasi AI PC generasi terbaru 2024

id lenovo

Lenovo hadirkan inovasi AI PC generasi terbaru 2024

Catur Nugroho, Pre Sales Development Lenovo Indonesia (kiri) dan Indra Raharjo, Consumer Marketing Lenovo Indonesia (kanan) (ANTARA/HO-Lenovo)

Yogyakarta (ANTARA) - Lenovo Indonesia resmi membawa lini laptop generasi terbarunya pada tahun 2024 yang membawa solusi baru ditenagai oleh AI, melanjutkan komitmen dalam menghadirkan teknologi pintar untuk seluruh masyarakat melalui AI for All.

Diperkenalkan pertama kali di ajang CES 2024, laptop yang hadir ke tanah air ini mencakup inovasi AI PC baru di seluruh sub-merek Lenovo Yoga, Lenovo Legion, dan Lenovo LOQ.

"Melihat kebutuhan konsumen modern yang terus berkembang saat ini, solusi yang dapat dengan mudah beradaptasi adalah yang mereka butuhkan. Pilihan perangkat terbaru Lenovo menjawab kebutuhan tersebut dengan teknologi canggih, termasuk AI. Visi kami dalam menghadirkan 'AI for All' menempatkan pengguna individu sebagai fokusnya, yangmmenekankan privasi dan keamanan," kata Santi Nainggolan, Consumer Lead Lenovo Indonesia, Kamis.

Ditenagai oleh prosesor Intel CoreTM Ultra pada model-model tertentu dan dilengkapi dengan Copilot pada Windows 11, laptop Lenovo Yoga, Lenovo Legion, dan Lenovo LOQ generasi terbaru dari Lenovo telah disematkan AI dan menjanjikan fungsionalitas, kecepatan, dan kreativitas yang lebih tinggi tanpa mengorbankan keamanan dan keandalan.

Jajaran Yoga premium terbaru dari Lenovo yang meluncur di pasar Indonesia antara lain Lenovo Yoga Slim 7i dan Lenovo Yoga 9i 2-in-1, dirancang untuk menangani tugas-tugas intensif grafis dan beban kerja berat dengan mudah yang memberdayakan kreativitas untuk semua. Didesain untuk para kreator, laptop tersebut dapat meningkatkan proses kreatif pengguna dengan memanfaatkan kekuatan AI generatif.

Kedua laptop telah mengantongi sertifikat MIL-STD-810H untuk ketahanan perangkat dan komponen-komponen mutakhir, termasuk Prosesor Intel CoreTM Ultra terbaru untuk kinerja sangat cepat; chipset fisik Lenovo AI Core yang mendukung fungsionalitas AI yang tangguh dan bertenaga; serta baterai yang tahan lama untuk kreativitas tanpa henti.

Pengguna juga akan dimanjakan oleh visual dengan kecerahan layar yang baik, kontras warna yang nyata, serta akurasi warna yang tepat berkat layar OLED yang dimiliki masing-masing laptop. Layar PureSight OLED pada Lenovo Yoga 9i 2-in-1 memberikan kejernihan yang cemerlang, yang dapat menerangi setiap kreasi di layar hingga 4K bagi para kreator untuk pekerjaan visual, baik itu desain grafis, pengeditan foto, atau produksi video.

Mengerti akan kebutuhan mobilitas pengguna, seri Yoga premium didesain fleksibel sesuai kebutuhan penggunanya dengan bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Profil ramping Lenovo Yoga Slim 7i memiliki ketebalan hanya 14,9 mm dan berat mulai dari 1,39 kg. Pengguna tidak perlu lagi repot membawa tas besar apabila ingin work from anywhere.

Di sisi lain, laptop Lenovo Yoga 9i 2-in-1 yang dapat dilipat hingga 360 derajat memiliki ketebalan 15,9 mm, dilengkapi dengan desain tepi yang nyaman untuk dipegang dan dibawa kemana-mana. Laptop 2-in-1 ini dapat dengan mudah diubah dari mode laptop ke mode tenda atau mode tablet untuk produktivitas saat bepergian.

Bukan hanya rangkaian laptop Yoga untuk mendukung kreasi, Lenovo juga memboyong generasi terbaru dari seri gaming Lenovo Legion dan LOQ yang telah ditingkatkan dengan solusi termal yang lebih baik untuk para gamer di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan laptop gaming berkinerja tinggi, Lenovo menyadari perlunya mesin yang dapat dengan mudah menangani game AAA sambil menjaga masalah panas berlebih.

Eksklusif untuk Lenovo Legion 7i dan Lenovo Legion 5i yang berbasis Intel, Lenovo memperkenalkan solusi termal Legion "Coldfront: Hyper", yang dirancang untuk mengatasi tantangan dalam mengelola suhu panas pada laptop gaming. Dengan mengubah aliran udara di dalam sasis dan menyalurkan udara panas dari chip melalui ruang hiperbarik pusat, sistem Legion "Coldfront: Hyper" mengoptimalkan pertukaran panas.

Penutup di bagian bawah memastikan bahwa udara panas tetap terpisah dari udara dingin yang ditarik oleh kipas ganda. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa perangkat keras akan lebih dingin dan menghasilkan framerate yang lebih tinggi sehingga menawarkan gameplay yang lebih mulus untuk para gamer.

Selain itu, sistem pendinginan yang lebih baik juga dihadirkan pada jajaran laptop gaming kelas entri Lenovo, salah satunya LOQ 15IAX9I. Laptop ini dibekali teknologi termal hyperchamber baru yang menjaga prosesor tetap dingin, mengeluarkan daya tambahan hingga 25W dalam Mode Extreme sambil menjaga suhu hingga 2 derajat Celcius lebih dingin, dan menurunkan kebisingan kipas hingga 2dB dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selaras dengan visi Lenovo dalam menghadirkan AI for All, inti dari jajaran laptop gaming baru ini adalah rangkaian chip AI perangkat keras milik Lenovo—yang disebut chip LA AI. Pertama kali diperkenalkan pada CES lalu, chip LA1 AI tahun ini lebih canggih dari sebelumnya, memungkinkan laptop Lenovo Legion dan Lenovo LOQ mencapai performa yang lebih maksimal.

Chip AI ini mendukung Lenovo AI Engine+, yang menggunakan pembelajaran mesin perangkat lunak. Kemampuan yang ditawarkan Lenovo AI Engine+ dapat diaktifkan melalui Lenovo Vantage, antara lain untuk membantu memantau FPS dalam game dan secara dinamis menyesuaikan perutean daya, kurva kipas, dan pengaturan lainnya untuk mempertahankan kinerja tertinggi, apa pun skenarionya.

Kini tersedia di Indonesia, jajaran produk Yoga, Legion, dan LOQ terbaru dari Lenovo melambangkan konsistensi komitmen Lenovo terhadap inovasi yang berkelanjutan. Dengan visinya untuk menghadirkan Smarter Technology for All dan membuka jalan bagi masa depan AI for All, Lenovo berada di garis depan dalam mendefinisikan ulang komputasi pribadi dan membentuk kembali lanskap digital dengan memanfaatkan potensi penuh AI.

Sebagai wujud komitmen terhadap kenyamanan dan keamanan pengguna, Lenovo memiliki portofolio layanan purna jual atau garansi terbaik di kelasnya. Dengan Lenovo Premium Care, pengguna dapat dengan cepat menerima dukungan dari teknisi ahli untuk berbagai macam keluhan pada perangkat Lenovo selama 24/7 dari berbagai platform.

Selain itu, seri Yoga, Legion, dan LOQ semuanya dilengkapi layanan Accidental Damage Protection (ADP) yang dapat menanggung 100 persen kerusakan tidak disengaja pada laptop secara free dan dapat diklaim lebih dari 1 kali. Adapun, garansi yang ditanggung oleh ADP meliputi kejadian tidak terduga sehari-hari seperti tumpahan cairan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak.

Dalam membantu pengguna secara komprehensif, Lenovo memiliki teknisi yang sangat terlatih dalam memberikan solusi secara real-time pada kontak pertama mereka, dengan kunjungan di tempat dapat dijadwalkan jika diperlukan. Solusi yang mudah dijangkau untuk masalah perangkat keras dan perangkat lunak ini memastikan pengalaman dukungan yang ideal.

Selain itu, Lenovo juga turut menghadirkan service center yang tersebar merata di seluruh Indonesia. Untuk di Kota Yogyakarta, pelanggan dapat mengunjungi service center, antara lain Lenovo Service Center Yogyakarta (Ruko Yap Square, Blok B8 Jl. C. Simanjuntak), ITSC (Jl. Gajah Mada No. 58 Pakualaman), ELS Computer Yogyakarta Jl. C. Simanjuntak No.38, Terban, Kec. Gondokusuman), Primalayan Yogyakarta (Jl. Gajah Mada No. 21 – 23 Ruko Niaga, Pakualaman).