Dishub Bantul merintis bus sekolah gratis untuk angkutan pelajar

id Bus sekolah ,Dishub Bantul ,Angkutan pelajar sekolah

Dishub Bantul merintis bus sekolah gratis untuk angkutan pelajar

Bus sekolah gratis yang disiapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta merintis layanan bus sekolah gratis untuk angkutan pelajar yang akan pergi dan pulang dari kegiatan belajar di sekolah.

"Di bulan Agustus ini kita meluncurkan bus sekolah gratis, tetapi baru satu jalur, satu rute di wilayah Bantul barat," kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Singgih Riyadi di Bantul, Jumat.



Menurut dia, rute yang akan dilalui bus sekolah gratis tersebut, yaitu melintasi wilayah Palbapang Bantul, kemudian wilayah Pandak, Pajangan, dan Sedayu. Angkutan sekolah gratis tersebut akan menjadi bus rintisan.

"Ke depan insya Allah akan kita kembangkan ke jalur yang lain, karena keterbatasan armada yang ada di Dinas Perhubungan, sehingga baru satu jalur yang kita buka," katanya.

Dia mengatakan layanan bus sekolah gratis di wilayah Bantul barat tersebut, karena di daerah itu belum ada rute bus komersial, sehingga oleh Dinas Perhubungan perlu dirintis dengan bus sekolah.

"Sementara bus kita sendiri, makanya kita sekarang mengajukan bantuan dana alokasi khusus (DAK) ke Kemenhub untuk bus sekolah, mudah-mudahan mendapatkan respons yang baik," katanya.



Singgih mengatakan untuk sementara ada dua armada bus yang disiapkan untuk satu jalur. Saat ini bus sudah disiapkan di kantor Dinas Perhubungan, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi terkait bus sekolah gratis tersebut.

"Untuk peluncurannya berbarengan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, kalau HUT Perhubungan itu kan 17 September, namun kita luncurkan di Agustus ini," katanya.