AAI Awards 2024 ajang apresiasi-pacu kompetensi mahasiswa dan arsiparis di tanah air

id arsiparis,aai award,asosiasi arsiparis indonesia,peran arsip

AAI Awards 2024 ajang apresiasi-pacu kompetensi mahasiswa dan arsiparis di tanah air

Suasana AAI Awards 2024. ANTARA/HO - Asosiasi Arsiparis Indonesia

Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) kembali menggelar AAI Awards guna mengapresiasi arsiparis serta mahasiswa calon arsiparis, agar mereka menunjukkan talenta dan kinerja terbaiknya dalam olah cipta, rasa, karsa, dan karya, sebagai pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, Ketua Umum Pengurus Nasional AAI Andi Kasman mengatakan kegiatan itu merupakan wadah pengembangan serta peningkatan kompetensi arsiparis Indonesia. Andi menambahkan tahun ini merupakan kali keempat pelaksanaan AAI Awards, yang sebelumnya sudah digelar pada tahun 2016, 2019 dan 2022.

“Arsip merupakan aktivitas yang sangat penting, karena merekam keputusan, tindakan, memori, dan menjadi warisan yang unik dan tidak tergantikan dalam melintasi satu generasi ke generasi berikutnya. Arsip juga dikelola sejak penciptaan untuk melestarikan nilai guna dan pemanfaatannya,” katanya. 

Andi menuturkan AAI Awards 2024 dilaksanakan berdasarkan Deklarasi Universal Kearsipan dan sesuai dengan tujuan AAI yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang kearsipan sehingga tercipta tenaga kearsipan yang andal dan mandiri, serta mempertinggi mutu penyelenggaraan dan pemanfaatan arsip.

Selain itu, lanjutnya, dalam sebuah organisasi atau institusi, arsip merupakan sumber informasi yang otoritatif dalam mendukung kegiatan administrasi yang akuntabel dan transparan.

“Arsip memainkan peran vital dalam pengembangan masyarakat dengan cara menjaga dan membantu memori individu dan kolektif. Bahkan, keterbukaan akses arsip memperkaya pengetahuan kita mengenai masyarakat, mendorong demokrasi, melindungi hak warga negara, dan meningkatkan kualitas hidup,” katanya.

Ketua Pelaksana AAI Awards 2024 Setia Utama menjelaskan AAI Awards 2024 menjadi ajang kontestasi kompetensi bagi arsiparis se-Indonesia melalui dua kategori utama lomba. Pertama, lomba poster infografis tematik bagi arsiparis dan mahasiswa kearsipan termasuk rekam medis, dengan sejumlah tema pilihan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AAI gelar AAI Awards 2024, apresiasi dan pacu kompetensi arsiparis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024