BRIN mengembangkan teknologi nuklir untuk mempermudah riset cagar budaya di Indonesia

id teknologi nuklir,implementasi teknologi nuklir,riset arkeologi

BRIN mengembangkan teknologi nuklir untuk mempermudah riset cagar budaya di Indonesia

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito (kanan) dan Technical Expert IAEA Bum Soo Han (tengah) di Kantor BRIN, Jakarta, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengembangkan teknologi nuklir untuk membantu mempermudah proses riset cagar budaya.

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN, Mego Pinandito saat ditemui di Jakarta, Senin, mengatakan riset soal cagar budaya, terutama di Indonesia yang kaya akan warisan budaya memiliki kaitan erat dengan analisis yang harus dilakukan secara akurat, guna menjaga nilai warisan budaya tersebut.



"Sehingga, dalam analisis artefak, cultural heritage, benda purbakala, dan lain sebagainya dengan teknologi ini ada hal kemajuan yang bisa diketahui dengan mudah," kata Mego.

Beberapa hal yang dapat diungkap dengan teknologi ini, kata Mego, seperti analisis perkiraan umur artefak, perkiraan tahun dibuatnya artefak tersebut, dan hal lainnya yang bisa lebih mudah dan akurat untuk diketahui, dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional seperti sebelumnya.

Menurutnya, teknologi ini juga bisa menganalisis informasi yang belum diungkap lebih lanjut pada suatu artefak yang ditemukan.

"Kami harapkan ini bisa memberi satu dampak positif, dalam konteks analisis dasar informasi di benda arkeologi itu sendiri," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN kembangkan teknologi nuklir untuk mempermudah riset cagar budaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024