PT INKA bidik pasar luar negeri

id pt inka bidik pasar luar negeri

PT INKA bidik pasar luar negeri

PT Industri Kereta Api (Persero) (Foto tender-indonesia.com)

Madiun (ANTARA Jogja) - PT Industri Kereta Api akan membidik pasar luar negeri untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan selama 2013.

Humas PT Industri Kereta Api (INKA) Bintang, Sabtu, mengatakan, pasar luar negeri atau ekspor tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan sejumlah agen asing.

"Pasar luar negeri atau ekspor sebenarnya telah dilakukan beberapa kali oleh PT INKA, dan hal tersebut akan terus ditingkatkan karena peluangnya masih cukup besar," ujarnya.

Menurut dia, ekspor yang pernah dilakukan oleh PT INKA pada tahun ini di antaranya adalah, kereta pesanan Malaysia sebanyak 16 unit dengan nilai kontrak mencapai hampir 5 juta dollar Amerika Serikat serta kereta pesanan Singapura sebanyak 20 unit gerbong barang yang berjenis "wheel wagon" dan "flat wagon".

Meski peluangnya masih cukup besar, lanjut Bintang, namun upaya ekspor masih terkendala pendanaan yang ada. Hal tersebut karena pelanggan kebanyakan menginginkan pendanaan jangka panjang, antara lain untuk pasar Negara Bangladesh dan Thailand.

"Permintaan pelanggan yang menginginkan pendanaan jangka panjang cukup memberatkan, namun kami tidak hanya bertumpu pada pasar luar negeri saja. INKA masih memiliki pasar dalam negeri yag jumlahnya mencapai 70 persen lebih," katanya.

Untuk rencana penjualan di dalam negeri pada tahun 2013, PT INKA menargetkan akan memperoleh kontrak pekerjaan atau penjualan dari sejumlah proyek.

Di antaranya adalah pembuatan kereta ekonomi atau K3, perawatan kereta, pengembangan bisnis KA, otomotif seperti Bus Transjakarta, dan kerjasama dengan BUMN lain untuk pembangunan Monorail DKI.

Ia menambahkan, PT INKA telah menargetkan penjualan sebesar Rp1 triliun selama tahun 2012. Namun, hingga akhir 2012 diprediksi "sales" atau penjualan tersebut baru tercapai sebesar Rp675 miliar.

Sedangkan faktor kendala yang mempengaruhinya antara lain karena tidak tercapainya target pesanan yang masuk dan tidak tercapainya "delivery" atau pengiriman produk ke pelanggan.

"Guna meningkatkan target penjualan 2013, PT INKA akan gencar melakukan pendekatan dengan pelanggan utama, disamping menjajaki pasar ekspor yang bekerja sama dengan agen," kata dia.

(PSO-072)