Bulog DIY jamin kebutuhan beras selama Ramadhan

id beras

Bulog DIY jamin kebutuhan beras selama Ramadhan

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja)- Perum Bulog Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin kebutuhan beras masyarakat setempat aman selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Kami yakin akan aman dan masyarakat tidak perlu khawatir karena persediaan beras masih mencukupi hingga tujuh bulan kedepan," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Awaludin Iqbal di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan data saat ini gudang Perum Bulog Divre DIY masih memiliki stok beras 31.000 ton, yang diperkirakan akan mencukupi hingga akhir 2014.

"Stok beras memang kami sediakan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama satu tahun," ucapnya.

Apalagi pada Juni di DIY masih memasuki masa tanam (MT) ke-dua. "Sehingga Juli - Agustus diharapkan justru nanti masih banyak panen," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan kebutuhan masyarakat selama satu bulan mencapai 4.326 ton. Beras tersebut didistribusikan dalam bentuk raskin untuk 288.931 rumah tangga sasaran (RTS).

"Artinya ada 288.931 RTS yang tidak perlu ke pasar selama sebulan," tuturnya.

Selanjutanya, ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM DIY akan siap menggelar operasi pasar (OP), apabila lonjakan harga melebihi harga ketetapan pemerintah.

"Saat ini memang belum terdapat kenaikan beras secara signifikan, namun potensi kenaikan tetap harus diiantisipasi melalui OP. OP juga dilakukan berdasarkan adanya permintaan dari pasar, meskipun tidak serta merta dilakukan," ujarnya.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024