SMK/SMA favorit Gunung Kidul dipenuhi pendaftar

id pendaftaran

SMK/SMA favorit Gunung Kidul dipenuhi pendaftar

Ilustrasi pendaftaran siswa baru (antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Sejumlah sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan favorit di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipenuhi pendaftar pada hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru 2014/2015, Selasa.

"Pada hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebagian besar siswa masih memantau nilai pendaftar, dan mengambil formulir. Hari pertama biasanya hanya memantau, tetapi untuk nilai yang sudah tinggi langsung mendaftar," kata Wakil Panitia PPDB SMA 1 Wonosari, Muhammad Taufik di Gunung Kidu.

Dari pantauan di sejumlah sekolah seperti SMA 1 Wonsari, dan SMK N 2 Wonosari ratusan siswa diantar orang tuanya mendaftar atau sekadar memantau nilai.

Di SMA 1 Wonosari sampai 11.30 WIB sudah ada 92 siswa yang memasukkan formulir, daya tampung sendiri ada empat kelas Matematika Ilmu Alam (MIA) dan tiga kelas Ilmu-ilmu Sosial (IIS) dengan jumlah siswa 216. Sementara di SMK 2 Wonosari yang menampung 448 siswa dengan sembilan kompetisi kehalian.

Muhammad Taufik mengatakan pendaftaran hari terakhir 3 Juli dannakan disediakan layar lebar, agar pendaftar bisa mengetahui nilai tertinggi dan terendah.

"Biasanya hari terakhir nilai pas-pasan akan terus memantau, jika tidak masuk akan pindah ke sekolah lain," kata dia.

Taufik mengatakan, banyak siswa yang berasal dari luar Gunung Kidul yang mendaftar ke SMA 1 Wonosari setiap tahunnya rata-rata 10 persen dari seluruh siswa.

"Ada berbagai alasan masuk disini, mengikuti orang tua dan memang mereka ingin belajar di sini," kata dia.

Salah seorang orang tua siswa yang berasal Sidoarjo, Jawa Timur, Yanti mengatakan mendaftarkan anaknya ke salah satu SMA favorit ini karena suaminya mutasi ke Gunung Kidul.

"Suami saya pindah kerja di sini, dan langsung mendaftar," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024