12 wisman meriahkan jelajah wisata Merapi

id Merapi

12 wisman meriahkan jelajah wisata Merapi

ilustrasi objek wisata Merapi di Sleman (Foto Antara/Noveradika)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 1.000 peserta memeriahkan even treking jelajah wisata Lereng Merapi "Desa Wisata Pulesari 2014", Minggu.

"Kegiatan berlangsung meriah dan diikuti 1.000 peserta, dimana 12 peserta diantaranya merupakan wisatawan mencanegara dari 10 negara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi.

Menurut dia, 12 peserta wisman tersebut berasal yakni Aaron dari Nicaragua, Miari dari Madagascar, Yosai Saralee dari Thailan, Violet Lesotho, Caroline dari Uganda, Apple dari Laos.

"Kemudian Vero dari Madagascar, Ali dari Tanzania dan peserta dari Amerika Serikat, Inggris dan Spanyol," katanya.

Ia mengatakan, even dengan jarak tempuh sembilan kilometer di kawasan perbukitan lereng Gunung Merapi bagian selatan ini mengambil start dan finish akan dilaksanakan di Desa Wisata Pulesari Wonokerto Turi Sleman Yogyakarta.

"Penyelenggaraan even ini atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Desa Wisata Pulesari Wonokerto Turi Sleman yang berada 12 km dari puncak Gunung Merapi," katanya.

Ayu mengatakan, jelajah wisata merupakan even tahunan untuk menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk berkunjung ke DIY khususnya ke objek-objek wisata di Sleman.

"Wisata treking sudah menjadi salah satu wisata alternatif yang diminati banyak kalangan karena menawarkan panorama alami nan asri serta menjadi wahana olah raga sekaligus berwisata," katanya.

Ia mengatakan, terlebih even ini dilaksanakan begitu dekat dari puncak Gunung Merapi. Even Jelajah Wisata sudah menjadi even yang telah memiliki pangsa pasar dan pecintanya tersendiri diantaranya pecinta olah raga trekking, pecinta alam, siswa-siswa sekolah, mahasiswa, komunitas fotografer dan masyarakat umum.

Ia mengatakan, jalur jelajah paling atas menjangkau lokasi yang berada 8 km dari puncak Merapi.

"Jalur yang dilalui dalam jelajah wisata `Lereng Merapi - Dewi Pule 2014` �melalui kawasan kebun salak, permukiman penduduk, perbukitan lereng Merapi, Bumi Perkemahan Sidorejo, Bunker dan Gardu Pandang Tunggularum, Dam Sempu," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024