Forum Komunikasi SPI gelar mukernas di Yogyakarta

id forum komunikasi spi

Forum Komunikasi SPI gelar mukernas di Yogyakarta

Ketua Panitia Mukernas FKSPI 2014 Abdullah Sayidi memberikan keterangan pada wartawan (antarayogya/jarot)

Jogja (Antara Jogja) - Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern menggelar Seminar dan Musyawarah Kerja Nasional 2014 di Yogyakarta, 17-19 September 2014.

Ketua Panita Mukernas Forum Komunikasi Satuan Pengawas Intern (FKSPI) Abdullah Sayid di Yogyakarta, Rabu, mengatakan kegiatan yang bertema `Combined Assurance Dalam Menjamin Corporate Sustainability` itu digelar untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas, serta mengembangkan wawasan para auditor internal di Indonesia, khususnya auditor intern anggota FKSPI.

"Tema tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi positif kepada peserta tentang konsep pengawasan `sustainability` perusahaan dnegan melibatkan fungsi-fungsi asssurance yang ada di organisasi/perusahaan, misalnya fungsi audit internal, kepatuhan, manajemen risiko, dan fungsi penjaminan mutu," katanya.

Menurut dia, hal tersebut menjadi penting sebagai antisipasi keberlangsungan persaingan bisnis yang kompleks di era globalisasi yang `nature`.

"Diharapkan penerapan kombinasi dari fungsi-fungsi assurance tersebut dapat menghindarkan duplikasi pengawasan, menciptakan efisiensi serta penggunaan sumber daya manusia yang tepat," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan seminar dan mukernas tersebut melibatkan kontributor yang kompeten di bidangnya, baik di sektor pabrik maupun korporat antara lain BPK, KPK, BPKP, OJK, Kementerian BUMN, dan perusahaan BUMN ternama di Indonesia.

"Para kontributor itu akan memberikan pengalaman yang memiliki titik singgung dengan `Combined Assurance dan memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dan aplikasi combined assurance yang akan diterapkan di Indonsia," katanya.

Menurut dia, kegiatan ini diikuti 250 orang yang mewakili 130 BUMN, BUMD, instansi pemerintah, dan perusahaan swasta di seluruh Indonesia.

"Para peserta tersebut berlatar belakanng direksi komite audit, audit internasl BUMN, BUMD, instansi pemerintah, dan perusahaan swasta," katanya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024