FPKS desak pimwan segera gelar rapat gabungan

id fpks desak pimwan

FPKS desak pimwan segera gelar rapat gabungan

Jogja (Antara Jogja) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kota Yogyakarta mendesak pimpinan dewan untuk segera menggelar rapat gabungan pimpinan guna menyikapi dinamika yang berkembang di lembaga legislatif tersebut.

"Rapat ini sangat penting. Kami mendorong agar ketua dewan bisa segera menjadwalkan pelaksanaan rapat gabungan pimpinan," kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Yogyakarta Nasrul Khoiri di Yogyakarta, Senin.

Dinamika internal yang berlangsung di DPRD Kota Yogyakarta terjadi karena adanya perbedaan pandangan dari fraksi-fraksi yang ada di lembaga legislatif tersebut. Dinamika tersebut menyebabkan kebuntuan komunikasi antarelemen di lembaga itu.

Sebanyak lima fraksi yaitu PAN, Gerindra, Golkar, PPP dan PKS berpandangan agar lembaga legislatif tersebut membahas tata tertib terlebih dulu, sedangkan satu fraksi lainnya yaitu PDIP memilih membahas anggaran perubahan terlebih dulu baru membahas tata tertib.

Menurut Nasrul, langkah yang dilakukan Ketua DPRD Kota Yogyakarta Sujanarko dengan melakukan komunikasi informal lintas fraksi untuk mencari titik temu atas pertentangan pendapat yang ada pantas diberi apresiasi positif.

"Dari komunikasi informal yang kami lakukan, ada kesamaan pandangan tentang pentingnya dilakukan rapat konsultasi dalam bentuk rapat gabungan pimpinan," katanya.

Nasrul menambahkan, rapat konsultasi tersebut ditujukan untuk membahas kebutuhan perubahan tata tertib sebagai landasan penyusunan alat kelengkapan dewan.

"Kami dari fraksi sangat berharap agar DPRD Kota Yogyakarta menjadi lembaga yang kuat dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Sujanarko mengatakan, penjadwalan rapat gabungan baru akan dilakukan setelah komunikasi dengan fraksi dirasa sudah berjalan optimal. "Perlu ada pendekatan komunikasi lagi, agar saat rapat gabungan nanti bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Ia menjelaskan, dalam komunikasi informal tersebut diharapkan tercapai titik temu antarseluruh fraksi mengenai langkah yang harus dilakukan sehingga tidak ada pihak yang merasa dikalahkan atau dimenangkan.

(E013)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024