Pemkab bantu peralatan usaha bagi 37 Kube

id kulon progo

Pemkab bantu peralatan usaha bagi 37 Kube

Lambang Kabupaten Kulon Progo (istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan peralatan usaha dan pelatihan bagi 37 kelompok usaha bersama dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Masing-masing kelompok mendapat peralatan sesuai jenis usaha, seperti ternak ayam jawa super, bengkel, tukang, usaha produksi makanan ringan dan ada yang ternak kambing," kata Kasi Bina Kesejahteraan Sosial Dinsosnakertrans Kulon Progo Untung Sugiantoro di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengatakan sebelum mendapat bantuan peralatan, tiap kelompok usaha diberi kesempatan mengikuti pelatihan selama dua hari baik terkait usaha yang ditekuni maupun manajemen pengelolaan usaha.

"Masing-masing kelompok mewakilkan lima orang. Harapannya mereka bekerja secara trampil, profesional dan memiliki manajemen yang baik," katanya.

Salah satu anggota kelompok usaha bersama (KUBE) Saji mengatakan dirinya merupakan peternak unggas. Ia bangga dan berterimakasih kepada Pemkab Kulon Progo karena telah memperhatikan usahanya.

Ia mengajak rekan-rekan peserta pelatihan, agar dapat mengelola dengan baik bantuan yang diberikan, disamping itu materi pelatihan yang didapat juga digunakan dalam mengelola usaha masing-masing, sehingga usahanya dapat berhasil dan meningkatkan kesejahteraan kelompok.

Saji juga tidak lupa mengajak bekerja dengan baik, dan setelah mendapat hasil dapat bersodaqoh, sehingga tidak mengandalkan bantuan lagi.

"Kalau berhasil dan sejahtera, ikut membantu mengurangi angka kemiskinan di Kulon Progo," katanya.
KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024