Akademisi: pemda-perguruan tinggi perlu bersinergi kembangkan wilayah

id perguruan tinggi

Akademisi: pemda-perguruan tinggi perlu bersinergi kembangkan wilayah

UII (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah daerah dan perguruan tinggi perlu bersinergi mengembangkan potensi wilayah demi kepentingan masyarakat, kata Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ilya Maharika.

"Namun demikian, dalam menggali dan menghidupkan potensi suatu wilayah memang lebih kompleks daripada menyiapkan dokumen pengembangan," katanya pada diskusi "Penyusunan Dokumen Pengembangan Kawasan DIY", di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII itu, dalam menggali dan menghidupkan potensi suatu wilayah perlu melibatkan partisipasi masyarakat agar peduli terhadap program-program yang digagas oleh pemerintah.

Menurut dia, perguruan tinggi dapat dilibatkan melalui program kemitraan berkelanjutan dengan mengirim para mahasiswa untuk mengadakan program kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah yang ingin dikembangkan.

"Dengan demikian, kita dapat sedikit demi sedikit mengubah masyarakat. Perguruan tinggi memang memiliki pola kerja tersendiri yang sangat berbeda dengan pihak konsultan yang seringkali dilibatkan dalam pembangunan wilayah," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu dijajaki kemungkinan dan potensi kerja sama yang dapat melibatkan perguruan tinggi di dalam pengembangan wilayah.

"Kontribusi akademisi perguruan tinggi sangat diharapkan karena mereka dinilai memiliki pendekatan yang unik untuk memecahkan persoalan pengembangan wilayah yang selama ini sering dihadapi pemerintah," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024