Bulog diminta gelar OP beras di Kalibawang

id beras

Bulog diminta gelar OP beras di Kalibawang

Ilustrasi (Foto Antara)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik diminta menggelar operasi pasar beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Kalibawang.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Kalibawang Sri Sudiati di Kulon Progo, Rabu, mengatakan warga Desa Banjaroyo mengharapkan adanya operasi beras.

"Warga hanya sedikit sekali yang bertanam padi. Kami berharap oparasi pasar (OP) beras jangan di pasar tetapi mohon dilakukan di kantor balai desa," katanya.

Menurut dia, warga Banjaroyo dengan kondisi geografis yang ada tidak memungkinkan bertanam padi, kalau ada yang bercocok tanam padi hanya sedikit sekali. Bahkan, raskin yang diberikan pemerintah belum cukup memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Operasi pasar beras setidaknya mampu meringankan masyarakat sampai harga beras di pasar turun," kata dia.

Petugas Bulog DIY Priyo mengaku siap menggelar OP beras sesuai permintaan pemerintah daerah dan mengevaluasi pendistribusian raskin untuk perbaikan pada masa mendatang.

"Pada prinsipnya Bulog tetap menjamin distribusi lancar serta beras untuk raskin yang baik sesuai dengan pedoman umum raskin," katanya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulon Progo Eka Pranyata mengatakan pemkab bersama Bulog akan mempercepat pendistribusian raskin agar tidak tertunda.

Ia mengataklan direncanakan Maret 2015 akan dilakukan pendistribusian untuk jatah Februari dan Maret 2015. Meski Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) akan menerima dua kali dalam sebulan, namun hal ini tidak sekaligus diterimakan.

"Dengan harapan distribusi April 2015 sudah berlangsung lancar sesuai jatah setiap bulannya," katanya.

Distribusi raskin untuk jatah Februari diawali dari Kecamatan Pengasih pada Senin (9/3), Kecamatan Kokap Selasa (10/3), Kecamatan Temon Rabu (11/3) dan Wates, Kalibawang Kamis (12/3), dan Sentolo Jumat (13/2).

Kemudian dilanjutkan Kecamatan Girimulyo pada Senin (16/3), Panjatan Selasa (17/3), Galur dan Lendah Rabu (18/3,) dan terakhir Kamis (19/3) untuk Kecamatan Samigaluh dan Nanggulan.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024