Perguruan tinggi diharapkan berperan tumbuhkan potensi lokal

id UII

Perguruan tinggi diharapkan berperan tumbuhkan potensi lokal

UII (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan yang kaya dengan insan akademis yang unggul diharapkan berperan menumbuhkan potensi lokal untuk membuat masyarakat semakin maju dan berkembang.

"Peran itu penting karena masyarakat membutuhkan motivasi untuk bangkit dan optimistis dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang semakin kompleks, baik dalam bidang ekonomi, hukum maupun budaya," kata Direktur Humas Universitas Islam Indonesia (UII) Karina Utami Dewi di Yogyakarta, Sabtu.

Pada pembukaan TEDx UII, ia mengatakan masyarakat yang bersikap optimistis dan sadar akan potensi yang dimilikinya diharapkan dapat menghimpun hal itu untuk memajukan komunitas mereka sendiri.

Menurut dia, TEDx UII adalah bagian dari sebuah komunitas internasional yang tersebar di berbagai negara dan kota-kota di seluruh penjuru dunia yang bertujuan menyebarkan ide baru yang positif kepada komunitas, organisasi maupun individu melalui berbagai kegiatan.

"TEDx UII memberi kesempatan kepada individu-individu yang memiliki pengalaman menggerakkan sebuah komunitas untuk menyampaikan ide dan gagasan terbaiknya. Harapannya hal ini dapat berdampak semakin meluas dan berpengaruh positif pada penyebaran ide positif ke komunitas lain yang lebih luas," katanya.

Direktur Pemasaran, Kerja Sama, dan Alumni UII Hangga Fathana mengatakan penyelenggaraan "event" perdana itu merupakan upaya UII untuk turut menggerakkan perubahan positif dalam masyarakat melalui penyampaian ide-ide yang kreatif.

"Dalam TEDx UII, kami menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang untuk tampil menyampaikan idenya," katanya.

Wakil Rektor I UII Ilya Maharika mengatakan peran universitas memang bukan sekadar menghasilkan lulusan tetapi juga menjadi embrio pembawa harapan dan pesan keteladanan yang dapat direplikasi oleh masyarakat.

"Kami menyambut baik inisiasi gelaran TEDx UII perdana ini. Kami berharap pesan dan ide para pembicara dapat mewakili peran tersebut," katanya.***4***

(B015)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024