20 ribu wisatawan kunjungi Desa Wisata Nglinggo

id 20 ribu wisatawan

20 ribu wisatawan kunjungi Desa Wisata Nglinggo

Wisata "Off road" di Desa Wisata Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Sebanyak 20 ribu lebih wisatawan mengunjungi Desa Wisata Nglinggo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak H+1 hingga H+6 libur Lebaran 2015.

"Hingga hari ini, jumlah wisatawan mencapai 20 ribu lebih pengunjung. Jumlah ini melebihi target yang kami tetapkan yakni 18 ribu pengunjung. Jumlah ini akan bertambah karena masih ada dua hari libur yakni Sabtu (25/7) dan Minggu (26/7)," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Nglinggo atau Dewa Lingga Teguh Kumara di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatawan wisatawan memadati objek Desa Wisata Nglinggo seperti air terjun Watujonggol, kebun teh, hutan pinus, dan gardu pandang di Gunung Kukusan.

"Wisatawan menikmati keindahan alam Desa Wisata Nglinggo. Mereka juga menikmati teh dan kopi yang merupakan produk lokal, biji dan daunnya dipetik langsung di lokasi," kata dia.

Dia mengatakan harga tiket masuk ke objek wisata sangat murah. Untuk mobil, harga tiketnya Rp3.000, motor Rp2.000. Harga tiket sudah termasuk parkir.

"Pendapatan retribusi ke objek wisata, akan digunakan untuk perbaikan tegakan kebun teh supaya kebun teh semakin bagus. Kami menyadari, kebun teh merupakan kekuatan utama atau daya tarik utama Desa Wisata Nglinggo. Untuk itu, perlu ada perawatan kebun teh," katanya.

Pengelola Dewa Lingga Melkey Binaro mengatakan minat wisatawan sewa mobil jepp untuk offroad di hutan pinus sangat tinggi. Ruten offroad ini sangat menantang bagi wisatawan karena akan menaikkan adrenalin.

"Desa wisata Nglinggo dipecah menjadi beberapa tujuan, supaya tidak terpusat disatu tempat. Salah satu yang diminati yakni "off road" di hutan pinus," kata Melkey.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024