Partisipasi pemilih sementara pilkada Bantul 77 persen

id kpu bantul

Partisipasi pemilih sementara pilkada Bantul 77 persen

Kantor KPU Kabupaten Bantul (Foto jogja.antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Angka partisipasi pemilih sementara dalam pemilihan kepala daerah 2015 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sesuai hasil rekapitulasi berdasarkan formulir C1 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum setempat, sekitar 77 persen.

"Untuk sementara ini partisipasi pemilih sekitar 77 persen, artinya mereka yang sudah menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS)," kata Komisioner KPU Bantul, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Arif Widayanto di Bantul, Kamis.

Menurut dia, angka partisipasi pemilih tersebut masih bersifat sementara berdasarkan hasil scan formulir C1 atau rekapitulasi penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) dari 17 kecamatan sampai dengan Kamis (10/12) sore.

Dengan demikian, menurut dia, angka partisipasi pemilih tersebut masih dapat berubah mengingat belum seluruh formulir C1 dari TPS se-Bantul yang berjumlah 1.768 TPS belum masuk mesin scan entah karena belum diserahkan atau masih proses.

"Jadi ini (partisipasi pemilih) masih sementara, karena baru separuh data yang masuk dan belum bisa dilihat semua, dan pergerakan masih bisa berubah apakah naik atau turun," katanya.

Sementara itu, menurut dia, berdasarkan hasil scan fomulir C1 yang dilakukan KPU Bantul hingga sore ini sudah masuk sebanyak 412.345 pemilih atau sekitar 61,6 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Bantul sebanyak 691.445 pemilih.

"Kami melihat bahwa ini merupakan pemilih yang hadir di TPS dan menggunakan hak suaranya pada 9 Desember lalu, maka itulah partisipasi, akan tetapi kami lihat nanti sampai semua data masuk," katanya.

Ia juga mengatakan, angka partisipasi pemilih tersebut meskipun bersifat sementara namun sudah mencapai angka yang ditargetkan KPU Bantul yakni sekitar 77 persen. Meski demikian angka itu turun dibanding partisipasi Pileg 2014 sebesar 81 persen.

"Kami punya target tiga hari proses scan salinan form C1 bisa selesai dan hari Kamis ini memasuki hari pertama, sehingga besok atau lusa sudah selesai untuk seluruh Bantul, dan bisa kita lihat hasilnya," katanya.***2***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024