Puncak kepadatan jalur wisata Parangtritis diperkirakan H+2

id parangtritis

Puncak kepadatan jalur wisata Parangtritis diperkirakan H+2

Pengunjung/Wisatawan pantai parangtritis (Foto Antara/Wahyu Putro)

Bantul, 6/7 (Antara) - Puncak kepadatan lalu lintas di jalur wisata Jalan Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat libur Idul Fitri 1437 Hijriah diprediksi pada H+2 Lebaran, Sabtu (9/7).

"Kalau untuk hari pertama dan kedua arus lalu lintas di Jalan Parangtritis masih landai meskipun ada peningkatan volume, karena puncak kepadatan diperkirakan terjadi H+2 Lebaran," kata Pengendali Pos Pelayanan Lebaran di Gabusan Bantul Kompol Iman Santosa di Bantul, Rabu.

Menurut dia, Pos Pelayanan Gabusan di Jalan Parangtritis Desa Timbulharjo Kecamatan Sewon berfungsi sebagai pos pelayanan untuk pemudik maupun masyarakat yang melintas di jalur tersebut termasuk memantau kondisi lalu lintas jalur wisata itu.

Ia mengatakan personel yang disiagakan di Pos Pelayanan Gabusan juga akan membantu polisi lalu lintas maupun perhubungan dalam pengendalian dan pengaturan arus di Jalan Parangtritis, terutama jika terjadi kepadatan kendaraan wisatawan.

"Seperti pengalaman tahun lalu, jika terjadi kepadatan arus wisatawan di Jalan Parangtritis maka akan diberlakukan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus agar lalu lintas tetap lancar, misalnya masuk ke Jalan Parangtritis melalui perempatan Bakulan," katanya.

Dia mengatakan Pos Pelayanan Gabusan yang didirikan tim gabungan dari Polres, Dishub, dan Dinas Kesehatan dari 30 Juni sampai 15 Juli 2016 menyediakan "rest area" bagi pemudik maupun wisatawan yang kelelahan menempuh perjalanan jauh.

"Jadi masyarakat yang kelelahan karena perjalanan jauh dan perlu bantuan, kita bantu, bisa beristirahat di tempat peristirahatan yang telah kita sediakan. Ini termasuk pelayanan kami," kata Kompol Iman Santoa yang juga Kepala Polsek Sewon itu.

Berdasarkan pantauan di Jalan Parangtritis pada Lebaran hari pertama arus kendaraan masih landai, sebagian besar kendaraan pribadi didominasi kendaraan dari DIY meskipun ada sebagian kecil kendaraan dari luar daerah.

Sejumlah jalur alternatif menuju pantai selatan seperti Jalan Imogiri Barat di sebelah timur Jalan Parangtritis dan Jalan Bantul yang ada di barat Jalan Parangtritis arus kendaraan masih landai, meskipun terjadi antrean di simpang APILL namun tidak terlalu signifikan. ***1***
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024