Pemkab Gunung Kidul komitmen berantas pungli

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul komitmen berantas pungli

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen memberantas pungutan liar supaya pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal.

"Gunungkidul harus bebas pungutan liar (pungli). Itu sudah komitmen saya sejak dilantik. Kebijakan ini didukung oleh semua pihak termasuk Polri, TNI," kata Bupati Gunung Kidul Badingah?di Gunung Kidul, Jumat.

Badingah mengatakan sebagai bentuk komitmen tersebut, Pemkab Gunung Kidul akan menggelar apel besar terkait komitmen untuk memberantas praktik pungli.

Pemkab akan membentuk satgas anti pungli, namun akan berkoordinasi ke gubernur terkait hal itu.

"Besok Senin (31/10) dipanggil gubernur untuk berkoordinasi terkait satgas pungli," katanya.

Untuk memberantas pungli di lingkungan pemkab, Bupati akan memberikan contoh kepada para bawahannya untuk berkomitmen mulai dari sendiri untuk tidak melakukan pungli.

"Sebelum memerintahkan kepada anak buah terkait bebas pungli, saya akan memulai dari diri sendiri," katanya.

Sedangkan mengenai PNS yang terlibat pungli di TPR, yang tertangkap tangan dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan Polres Gunung Kidul Sabtu (15/10), Badingah mengaku menyerahkan semua kepada aparat kepolisian.

"Semua sudah diserahkan pada aparat, sudah ditangani di sana," katanya.

Sementara Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno mendukung langkah Pemkab Gunung Kidul untuk membrantas pungli dengan harapan pelayanan bisa maksimal.

"Pemberantasan pungli menjadi komitmen bersama, kami mendukung langkah pemkab untuk membersihkan pungli," kata dia.
KR-STR