MPM UAD bantu guru tulis karya ilmiah

id MPM UAD bantu guru tulis karya ilmiah

MPM UAD bantu guru tulis karya ilmiah

Lokakarya "Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Matematika" di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD) Yogyakarta, Rabu.

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta membantu guru SMP dan SMA menulis karya ilmiah untuk meningkatkan kompetensi mereka.

"Hal itu penting karena kompetensi guru SMP dan SMA di Yogyakarta untuk menulis karya ilmiah dinilai masih rendah," kata Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika (MPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Suparman di Yogyakarta, Rabu.

Di sela lokakarya "Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Matematika", Suparman mengatakan penulisan karya ilmiah sangat penting dalam menunjang peran guru sebagai tenaga pendidik termasuk dalam proses sertifikasi.

Menurut dia, ada beberapa kendala yang dihadapi guru dalam menulis karya ilmiah di antaranya kesulitan untuk menentukan metodologi penelitian dan tidak tidak mempunyai referensi untuk bahan penulisan karya ilmiah.

"Selain kendala penulisan, guru juga sering mengalami kesulitan dalam mempublikasikan karya ilmiah mereka ke jurnal ilmiah baik di level lokal, nasional maupun internasional," katanya.

Ia mengatakan untuk mengatasi persoalan itu guru sebenarnya bisa mengembangkan penelitian dan karya ilmiah dari hal-hal yang dekat dengan keseharian mereka sebagai tenaga pendidik.

"Berbagai isu menyangkut pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan tema dari karya ilmiah mereka. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, guru bisa mengembangkan inovasi dan solusi yang dapat ditulis sebagai karya ilmiah," kata Suparman.

Dosen Program Pascasarjana UAD Dwi Sulisworo mengatakan publikasi dalam jurnal ilmiah harus menjadi target dalam menulis karya ilmiah. Tentukan jurnal ilmiah yang menjadi target publikasi karya ilmiah.

"Hal itu dapat dilakukan dengan menganalisis jurnal-jurnal yang potensial dan memilih salah satu untuk target publikasi karya ilmiah. Selanjutnya bisa berkembang ke jurnal ilmiah lainnya," kata Dwi.

Lokakarya itu diikuti guru SMP dan SMA dari 41 sekolah di Yogyakarta dan 16 mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika UAD.






(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024