Tepi Taman Pintar Yogyakarta berpetualang keliling Nusantara

id Taman Pintar

Tepi Taman Pintar Yogyakarta berpetualang keliling Nusantara

Pengunjung memadati Taman Pintar Yogyakarta (Foto ANTARA/Heribertus Suciadi)

Jogja (Antara) - Tepi, yang menjadi maskot Taman Pintar Yogyakarta seolah-olah menempuh perjalanan ribuan kilometer berpetualang keliling Nusantara mengunjungi berbagai lokasi melalui karya foto dalam kontes "Tepi Toys Photography".

"Saat menyeleksi ratusan foto yang masuk, kami seperti sedang melihat Tepi berjalan-jalan ke berbagai lokasi menarik di Indonesia," kata Dewan Juri Kontes "Tepi Toys Photography" Fauzie Helmy di Yogyakarta, Jumat.

Tepi atau Teman Pintar adalah maskot wahana edukasi dan rekreasi Taman Pintar Yogyakarta. Tepi berwujud burung hantu berwarna jingga yang menyandang tas dan mengenakan semacam blankon sebagai tutup kepala. Tepi melambangkan ilmu pengetahuan dan mewakili fungsi Taman Pintar sebagai "science center".

Sedangkan kontes "Tepi Toys Photography" digelar untuk memperingati ulang tahun kedelapan Taman Pintar. Di dalam kontes itu, peserta wajib mengirimkan foto yang menampilkan Tepi dalam bentuk boneka kertas sebagai objek utamanya dengan berbagai latar belakang sesuai kreativitas peserta.

Sejumlah peserta menempatkan Tepi di berbagai lokasi wisata menarik yang ada di tiap-tiap kota seperti di Bali, Surabaya, Magelang, dan Palembang.

Dewan juri menerima 725 foto dalam waktu dua pekan yang diunggah melalui akun media sosial Instragram milik Taman Pintar Yogyakarta. Foto yang masuk kemudian dipilah-pilah sesuai kategori yaitu 166 kategori pelajar, dan 559 foto kategori umum.

Sebanyak 50 foto terbaik kemudian dipamerkan di Dome Area Taman Pintar Yogyakarta hingga 30 Desember.

Sebagai karya terfavorit kategori pelajar diraih oleh Gunawan Tri Putranto dan karya terfavorit kategori umum diraih Widarko Hartono. Selain karya terfavorit, juga dipilih karya yang menjadi pemenang pertama hingga ketiga untuk tiap ketegori.

"Semua karya yang masuk sangat menarik sehingga dewan juri pun kesulitan menentukan karya yang menjadi pemenang," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, kontes tersebut sengaja digelar dengan memanfaatkan tren yang saat ini berkembang yaitu berfoto menggunakan berbagai gawai, mengeditnya dan mengunggahnya ke media sosial.

"Oleh karena itu, kami pun menyelenggarakan kontes ini sekaligus untuk mempromosikan dan mengenalkan maskot Taman Pintar," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024