RKB Sleman membentuk ekosistem ekonomi digital UMKM

id umkm

RKB Sleman membentuk ekosistem ekonomi digital UMKM

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara) - Bank BNI 46 sebagai badan usaha milik negara memberikan bantuan "Rumah Kreatif BUMN" Sleman guna membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Sleman dalam mengatasi permasalahan dalam pemasaran produk.

"Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman adalah program sinergi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM," kata Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Negara Indonesia Persero (Tbk) Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono saat peresmian RKB Sleman, Senin.

Menurut dia, RKB Sleman juga berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

"Pembentukan RKB Sleman ini diprakarsai BNI bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman untuk mewadahi para pelaku UMKM agar dapat lebih kreatif, lebih berkembang dan bisa Go modern, Go digital, Go online, Go global dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya local," katanya.

Ia mengatakan, RKB Sleman ini dapat digunakan bersama oleh para mitra binaan Disperindag Sleman, sehingga mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di RKB.

"Mereka juga bisa mengakses penjualan via online di market place `sleman-mall.com` dan HYPERLINK "https://www.blanja.com/" "_blank" blanja.com sehingga dapat mendongkrak usahanya dengan membuka pasar lebih luas," katanya.

Arif mengatakan, UMKM peserta RKB juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan melalui produk KUR dan support transaksional dari BNI yaitu Taplus Bisnis, serta produk layanan perbankan lainnya seperti EDC untuk transaksi via kartu debit maupun kartu kredit dan letter of credit (LC) ekspor untuk pemasaran produk hingga ke luar negeri.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut positif dan sangat mengapresiasi upaya BNI dalam membentuk RKB Sleman ini.

"Mayoritas UMKM sudah jago soal produksi, namun masih lemah di marketing dan `packaging` produk mereka," katanya.

Ia mengatakan, pelaku UMKM dapat diberikan pelatihan bagaimana membangun, mengemas, membuat narasi produk, mempelajari pola belanja online dan bagaimana menjaga stok.

"Fasilitas yang ada di RKB ini dapat mendorong kreatifitas dan inovasi para pelaku industri kreatif di Sleman," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024