Mensos bedah kampung di Purwakarta

id Mensos bedah kampung

Mensos bedah kampung di Purwakarta

Bedah rumah warga kurang mampu (kr-radiojogja.com)

Purwakarta (ANTARA Jogja) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri meninjau lokasi bedah kampung di Desa Mekar Mulya Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Senin.

Dalam peninjauan tersebut, Menteri Sosial berbincang dengan warga penerima bedah rumah dan sempat mencampur semen dan memplester dinding rumah warga.

Sebanyak 100 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di Kabupaten Purwakarta di bedah sehingga layak huni. Terdata sebanyak 47.000 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Purwakarta.

Kementerian Sosial mengucurkan anggaran sebesar Rp1 miliar dimana setiap rumah mendapat bantuan Rp10 juta untuk Kabupaten Purwakarta.

Rumah tersebut diperbaiki dalam waktu maksimal lima hari melibatkan 100 tenaga kerja dari berbagai komponen seperti TNI, Polisi, warga, Taruna Siaga Bencana, Karang Taruna dan organisasi masyarakat lainnya.  

Selain membantu bedah rumah, Menteri Sosial juga menyerahkan bantuan untuk dua unit sarana lingkungan masing-masing sebesar Rp45 juta, stimulan usaha ekonomi kreatif sebesar Rp400 juta untuk 10 Kelompok usaha bersama.

Pada kesempatan itu juga diserahkan 300 paket sembako senilai Rp60 juta dan 10 unit kursi roda dengan total bantuan sebesar Rp10 juta.  

"Apa yang diberikan Kementerian Sosial ini hanya stimulus sehingga yang lain juga tergerak untuk membantu warga yang tinggal di rumah tidak layak huni. Terus terang biaya Rp10 juta tidak cukup untuk membedah rumah tapi dengan kebersamaan pasti bisa," kata Menteri Sosial.

Sakib (47) salah seorang warga yang dibedah rumah bersyukur tempat tinggalnya direhabilitasi, selain itu juga mendapatkan bantuan sembako.

"Sudah 10 tahun saya sekeluarga tinggal di rumah yang sudah mau ambruk, alhamdulillah dibantu Kementerian Sosial," kata buruh bangunan itu.

(D016)