Kuncup Mekar juara "Posyandu Peduli TAT" DIY

id posyandu juara satu

Kuncup Mekar juara "Posyandu Peduli TAT" DIY

ilustrasi kegiatan Posyandu (foto Antara)

Yogyakarta, 23/9 (ANTARA) - Pos Pelayanan Terpadu Kuncup Mekar Samigaluh, Kulon Progo, dan kader Pos Pelayanan Terpadu Nanas Sewon, Bantul, Nyonya Rahmat Hartono keluar sebagai juara "Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tanggap" se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Mereka selain menerima hadiah uang dan piala juga akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam Jambore Kader PKK Tingkat Nasional di Jakarta, Oktober 2012," kata Ketua IV Tim Penggerak PKK DIY Siswatiningsih pada penyerahan hadiah kepada para juara "Posyandu Peduli Tumbuh Aktif Tangga (TAT)", di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, penilaian kontes "Posyandu Peduli TAT" yang diikuti 16 posyandu dan 16 kader terbaik se-DIY tersebut dilakukan dewan juri yang terdiri atas unsur Tim Penggerak PKK DIY, Dinas Kesehatan DIY, dan Nestle Indonesia sebagai pendukung kegiatan.

Penilaian dilakukan berdasarkan rencana aksi pengembangan "Posyandu Peduli TAT" yang harus sesuai dengan situasi, kondisi, dan kemampuan kader dan petugas kesehatan serta penerapan metode dan teknik asih, asah, asuh dalam penyelenggaraan layanan sebagai hasil pelatihan kelas kader.

Ia mengatakan Nyonya Rahmat Hartono terpilih sebagai kader posyandu terbaik se-DIY karena dinilai memiliki kemampuan dan kemauan sebagai teladan, penggerak, motivator, komunikator, pendamping, dan pemberi pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat dalam mewujudkan posyandu peduli TAT.

"Dalam jambore tingkat nasional di Jakarta, mereka akan bersaing dengan para juara `Posyandu Peduli TAT` dari 13 provinsi untuk memperebutkan hadiah dari Nestle Dancow Batita berupa piala dan uang pembinaan yang berjumlah puluhan juta rupiah dan alat stimulasi tumbuh kembang anak," katanya.

Category Marketing Manager Nestle Dancow Growing Up Milk, Pritha mengatakan para pemenang diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam memantau dan memastikan tumbuh, aktif, dan tanggap balita di wilayahnya.

Menurut dia kontes "Posyandu Peduli TAT" merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Posyandu Peduli TAT 2012 yang dilaksanakan atas kerja sama Tim Penggerak PKK dan Nestle Dancow Batita.

"Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja para kader posyandu dengan meningkatkan pengetahuan terhadap aspek tumbuh kembang anak sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu wujud apresiasi Nestle Dancow Batita kepada para kader dan posyandu peduli TAT dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas Posyandu Indonesia.

Selain itu melalui "Posyandu Peduli TAT" diharapkan para kader dapat membantu kewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat sesuai dengan slogan Dancow Batita, yakni Anak TAT, Ibu Top. Kontes "Posyandu Peduli TAT" telah dilaksanakan di 14 provinsi.

"Rangkaian kegiatan Gerakan Posyandu Peduli TAT 2012 itu diharapkan mampu meningkatkan kinerja para kader posyandu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Pritha.

(L.B015)