Gubernur AAU: Maulid Nabi momentum tepat introspeksi

id gubernur aau: maulid nabi

Gubernur AAU: Maulid Nabi momentum tepat introspeksi

Ilustrasi (Foto dongenghati.multiply.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum yang tepat bagi umat Islam untuk melaksanakan introspeksi, kata Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro.

"Introspeksi itu adalah sejauh mana umat Islam telah menerapkan atau meneladani sunnah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari," katanya dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Pertama TNI Iman Sudrajat di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 Hijriyah, sunnah Rasulullah itu diterapkan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan kedinasan, dan lingkungan yang lebih luas lagi.

Berkaitan dengan hal itu, kata dia, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan suatu ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi rahmat kepada umat Islam dengan mengutus Rasullullah.

"Rasulullah diutus Allah SWT untuk membimbing dan memberikan penerangan kepada umat Islam demi kebahagiaan di dunia dan akhirat," katanya.

Pengasuh Yayasan Yatim Piatu dan Pesantren Al Furqon Yogyakarta, Suyanto dalam ceramahnya mengatakan Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT ke muka bumi untuk mengubah tatanan kehidupan dari zaman jahiliyah menjadi zaman yang lebih baik.

Menurut dia selain meneladani sikap dan perilaku Rasulullah, ada hal yang dapat diambil umat Islam sebagai pelajaran dari kepemimpinan beliau, yakni bagaimana Nabi Muhammad SAW memilih metode atau cara yang tepat dalam menyampaikan wahyu Allah SWT kepada umatnya.

"Dalam konteks itu umat Islam dalam kehidupan sehari-hari bisa menerapkan sikap 4S yakni salam, silaturahim, sedekah, dan shalat malam agar dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga dapat memiliki nilai kehidupan yang lebih baik," katanya.

(B015)