Lansia Gondokusuman siapkan gerakan "Jogja Berkicau"

id lansia

Lansia Gondokusuman siapkan gerakan "Jogja Berkicau"

Senam Lansia sehat (Foto Antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Komisi Lansia Gondokusuman Yogyakarta menyiapkan sebuah gerakan untuk mengembalikan kondisi lingkungan sekitar agar kembali nyaman dan asri yaitu "Jogja Berkicau" yang akan diresmikan pada Minggu (9/6) sekaligus peringatan Hari Lansia Nasional.

"Gerakan Jogja Berkicau ini akan ditandai dengan pelepasan ribuan burung dari berbagai jenis ke alam liar. Diharapkan, kicauan burung ini akan meramaikan suasana pagi di Gondokusuman dan Yogyakarta," kata Ketua Panitia "Jogja Berkicau" Sukarjo di Yogyakarta, Kamis.

Gelar "Jogja Berkicau" tersebut akan dipusatkan di SD Negeri Klitren Langensari yang akan diikuti sekitar 1.500 lansia dari lima kelurahan di Kecamatan Gondokusuman.

Selain melepasliarkan ribuan burung, dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan kegiatan lain seperti pelepasan benih ikan, dan penanaman bibit pohon yang dipusatkan di Kelurahan Klitren dan Kelurahan Demangan.

"Kami juga telah meminta para lansia bisa datang bersama dengan anak cucu mereka agar para generasi muda tersebut juga dapat belajar untuk selalu menjaga kondisi lingkungan," katanya.

Sementara itu, Camat Gondokusuman Wirawan Hario Yudo mengatakan, untuk menyukseskan gerakan tersebut, pihak kecamatan juga telah meminta setiap rumah di wilayah kecamatan tersebut untuk bisa melepaskian seekor burung ke alam liar pada Minggu (9/6).

"Kami berharap, dalam waktu enam bulan ke depan, kicauan burung akan mengiringi suasana pagi di Gondokusuman," katanya.

Wirawan juga mengatakan, pihak kecamatan telah menyiapkan aturan tentang larangan mengganggu, menangkap apalagi menembak burung di wilayah Kecamatan Gondokusuman.

"Kami akan memasang papan-papan larangan tersebut di beberapa wilayah di Kecamatan Gondokusuman sehingga tujuan yang diharapkan dari gerakan ini bisa segera terwujud," katanya.

Ia pun berharap, gerakan tersebut juga dapat dilakukan di wilayah lain sehingga suasana Yogyakarta dengan lingkungan yang nyaman, asri dan hijau bisa terwujud. 

(E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024