BMKG Yogyakarta imbau masyarakat perbarui informasi cuaca

id bmkg yogykarta cuaca

BMKG Yogyakarta imbau masyarakat perbarui informasi cuaca

BMKG (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jogja (Antara Jogja)-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta mengimbau masyarakat di daerah setempat untuk selalu memperbaharui informasi cuaca mengingat potensi gangguan cuaca jangka pendek masih ada selama musim hujan.

"Ke depan potensi gangguan cuaca jangka pendek semakin sering muncul. Oleh sebab itu informasi harus selalu di-update untuk menekan kemungkinan kerugian yang ditimbulkan,"kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Tony Agus Wijaya di Yogyakarta,Rabu.

Ia mengatakan gangguan cuaca jangka pendek merupakan efek dari pemanasan global yang masih akan dimungkinkan muncul selama musim hujan tahun ini.

Menurut Tony, musim hujan tahun ini tergolong normal sama dengan rata-rata 10 tahun terakhir. Pada awal musim hujan saat ini rata-rata curah hujan masih kurang dari 20 mili meter (mm) per sepuluh hari.

Namun demikian, pola cuaca harian tidak lagi dapat dikatakan teratur karena gangguan cuaca jangka pendek tersebut.

"Tiba-tiba seminggu bisa lebat sekali,namun minggu berikutnya cerah,"kata dia.

Fenomena itu, menurut Tony, perlu menjadi kewaspadaan dan perhatian masyarakat khususnya yang memiliki bidang yang cenderung terpengaruh kondisi cuaca, misalnya pertanian.

Menurut dia, setelah bulan November curah hujan akan berangsur bertambah. Hal itu akan terus terjadi hingga puncaknya yang diperkirakan jatuh pada Januari 2014.
(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024