Gita Wirjawan mundur dari jabatan Menteri Perdagangan

id gita

Gita Wirjawan mundur dari jabatan Menteri Perdagangan

Gita Wirjawan (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Gita Wirjawan menyampaikan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan, Jumat.

"Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Menteri Perdagangan," kata Gita dalam jumpa pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Gita mengatakan, langkah untuk memilih berhenti sebagai Mendag yang efektif mulai 1 Februari 2014 tersebut dikarenakan dirinya ingin lebih fokus untuk mengikuti konvensi Partai Demokrat.

"Saya sudah merasa selayaknya jika saya harus mencurahkan seluruh energi dan waktu untuk mensukseskan seluruh upaya yang mulia tersebut,' kata Gita, yang melakukan jumpa pers tersebut selama empat menit saja.

Menurut Gita, pengunduran diri tersebut didasari dari kesadaran diri tentang besarnya konflik kepentingan jika dia memilih untuk terlibat secara penuh dalam proses politik khususnya dalam konvensi tersebut.

Gita mengharapkan, langkah yang diambilnya tersebut merupakan langkah terbaik bagi Indonesia dan bisa menjadi presiden dalam perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada keluarga saya dan seluruh rekan-rekan lainnya yang memberikan dukungan," kata Gita.

Gita menambahkan, kebijakan yang mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan nasional yang dikeluarkan semasa dia menjabat, dapat dilanjutkan oleh pejabat penggantinya.

Hal tersebut, lanjut Gita, antara lain adalah beberapa peraturan menteri, diskusi terkait RUU Perdagangan, Permendag 70/2013, penyelenggaraan WTO yang mengedepankan kepentingan negara miskin dan para petani dan negara berkembang.

Gita merupakan salah satu dari 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat yang juga diikuti oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Rektor Paramadina Anies Baswedan.

Gita mengecap pendidikan S1 di sekolah musik Berkeley Amerika Serikat dan Kennedy School of Government di Harvard University. Pada tahun 2002 pria yang jago bermain piano itu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Harvard University.

Semasa karir profesionalnya Gita pernah menjabat sebagai Presdir JP Morgan Indonesia tahun 2006-2008 kemudian mendirikan perusahaan capital sendiri yakni Ancora tahun 2008. Tahun 2009 dia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Gita dilantik sebagai Menteri Perdagangan tahun 2011.

(V003)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024