Sidokarto bagikan uang saku Lebaran yatim piatu

id sidokarto bagikan uang

Sidokarto bagikan uang saku Lebaran yatim piatu

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Kepedulian masyarakat Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terhadap warga kurang mampu cukup tinggi, ini dibuktikan dengan dibagikannya dana bagi lansia serta anak yatim piatu, dua hari menjelang Lebaran.

"Dana dihimpun dari infak dan sedekah yang dikoordinir lembaga pengumpul dan penyalur dana sosial, infak dan sedekah Desa Sidokarto sebesar Rp58 juta," kata Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Sidokarto Mujiantoro, Rabu.

Menurut dia, BPD bersama Kepala Desa Sidokarto sepakat untuk menghimpun dana berupa infak dan sedekah bagi warga yang berkenan menyumbang dan pada saatnya menjelang lebaran dibagikan kepada warga untuk membantu meringankan beban kebutuhan lebaran.

"Kegiatan ini telah dilakukan secara rutin sejak 2010 dan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk tahun ini dana yang terkumpul sebesar Rp58 juta sisa tahun lalu Rp3 juta sehingga total dana yang ada Rp61 juta, sementara dana yang disalurkan Rp57 juta sehingga masih ada sisa Rp4,7 juta, dana sisa ini akan tetap disalurkan untuk tahun yang akan datang," katanya.

Ia mengatakan, jumlah penerima dana untuk yatim piatu 80 orang masing-masing anak Rp200 ribu dan untuk lansia 412 orang masing-masing menerima Rp100 ribu," katanya.

"Kegiatan yang dilakukan terbukti mendapat tanggapan yang antusias dari warga karena dapat membantu warga kurang mampu untuk dapat ikut menikmati lebaran dengan senang hati, bahkan banyak lansia yang datang ke Balai Desa dengan berjalan kaki selain ingin menerima bantuan dana juga ingin bersilaturahmi ke Balai desa," katanya.

Sebenarnya, kata dia, bagi warga yang tidak bisa datang ke Balai Desa karena alasan kesehatan pihaknya tetap akan mengantarkan bantuan dana ini ke rumah yang bersangkutan melalui Kadus masing-masing.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024