Kafilah Bantul juara umum MTQ se-DIY

id MTQ

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kafilah dari Kabupaten Bantul menjadi juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyarta, dari Jumat (22/4) hingga Minggu (24/4).

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan pihaknya selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas suksesnya pelaksanaan MTQ.

"Kami berharap penyelenggaranan MTQ bisa memberikan manfaat nyata, dengan peningkatan, mendalami, memahami dan mengimplementasikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari," kata Immawan di Masjid Al-Ikhlas Wonosari.

Ia mengatakan pencapaian prestasi dalam MTQ karena keteguhan ketelitian dan ketekunan. "Selamat bagi yang meraih juara umum. Sedangkan bagi yang kalah, bisa menjadi pemacu dan penyemangat untuk meningkatkan prestasi kembali," katanya.

Ketua Umum Panitia MTQ tingkat DIY Tommy Harahap mengatakan hasil kejuaraan MTQ se-DIY di antaranya Cabang Tahfidz Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra juara 1-3 meliputi Muhammad Firdaus (Bantul), Rafa Wirya (Kota Yogyakarta) dan Tri Nur Setyawan (Kulon Progo). Cabang Tahfidz Golongan 1 Juz dan Tilawah Putri juara 1-3 meliputi Chalisa Amalia (Bantul), Najma Naufa Maulida (Gunung Kidul) dan Khuminida Zahra (Kota Yogyakarta). Cabang Tahfidz Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra juara 1-3 Muarif Muh Rangkuti (Bantul), Ali (Kota Yogyakarta) dan Ahmad Hidzfar (Gunung Kidul).

Ia mengatakan pendidikan agama bagi anak-anak perlu diberikan secara maksimal. Sehingga membentuk generasi muda tangguh harus dilakukan dari rumah, mushola, tempat pengajian dan menjadi panggilan moral bagi orang tua, pengurus masjid, guru, aparat dalam memotivasi generasi muda.

"Perlu kembali gerakan memakmurkan masjid dan mushola," katanya.

Asisten Setda DIY Bidang Kesra Sulistyo mewakili Gubernur DIY mengungkapkan pelaksaan MTQ yang paling penting meningkatkan kesadaran serta semangat dan mengimplementasikan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan MTQ paling terpenting selain meningkatkan prestasi juga menumbuhkan kesadaran serta semangat dan mengimplementasikan Al Quran," kata Sulistyo.

Piala juara umum untuk kabupaten Bantul diterima langsung Kepala Dinas Sosial Bantul Mahmudi.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar