98 penerjun Paskhas TNI AU ikuti Jungar

id terjun paskhas tni au

98 penerjun Paskhas TNI AU ikuti Jungar

Prajurit Detasemen Pertahanan Udara 474 Paskhas TNI AU saat mengikuti Jungar di Lanud Gading. (Foto dok Pentak Lanud Adisutjipto)

Sleman, (Antara Jogja) - Sebanyak 98 prajurit Detasemen Pertahanan Udara 474 Paskhas TNI AU menggelar Latihan Terjun Penyegaran atau Jungar, dengan mengambil titik lokasi pendaratan di Pangkalan Udara TNI AU Gading Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

"Terjun penyegaran (jungar) ini merupakan upaya Pakhas TNI AU untuk meningkatkan kecakapan, ketrampilan dalam pencapaian profesionalisme Prajurit baik TNI AU maupun satuan umum lainnya," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Aisutjipto Yogyakarta Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah.

Menurut dia, kegiatan Jungar ini juga dimaksudkan untuk menyegarkan kembali (refresh) kemampuan tempur Prajurit Paskahas terutama di jajaran Detasemen pertahanan Udara 474 Paskhas Yogyakarta.

"Latihan Terjun Penyegaran ini, dimaksudkan selain untuk meningkatkan keahlian dan ketangkasan prajurit, juga untuk memelihara kemampuan sebagai bentuk profesionalisme sebagai seorang prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Udara," katanya.

Ia mengatakan, Jungar ini merupakan kegiatan yang telah diprogramkan. "Kegiatan ini juga dapat sebagai ajang promosi potensi dirgantara kepada masyarakat luas," katanya.

Indan mengatakan, para penerjun ini menggunakan parasut statik berjenis MC 11. Penerjun parasut statik berjenis MC 11 C berjumlah 95 orang dan penerjun Free Fall sebanyak tiga orang.

"Secara keseluruhan penerjunan dapat berjalan lancar, tanpa hambatan apapun dan semua penerjun dapat mencapai sasaran Lanud Gading yang telah ditentukan," katanya. ***2***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024