Karnaval mobil hias Bantul semarakkan HUT Kemerdekaan

id karnaval

Bantul  (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar karnaval dan mobil hias pada 19 Agustus 2017 untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan RI di daerah setempat.

"Karnaval dan mobil hias dalam rangka semarakkan HUT Kemerdekaan akan diikuti instansi pemerintah, swasta, dan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Bantul," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul Didik Warsito di Bantul, Senin.

Menurut dia, pendaftaran peserta karnaval dan mobil hias dibuka sejak 8 Agustus hingga 16 Agustus selama jam kerja.

Karnaval itu bertema "Dengan Semangat Makaryo Mbangun Deso Kita Wujudkan Masyarakat Bantul Yang Sehat Cerdas dan Sejahtera".

"Mobil Hias yang bertajuk Makaryo Mbangun Deso ini tidak sekadar karnaval, dan ada hadiah menarik bagi peserta yang beruntung, panitia menyediakan hadiah Rp7 juta bagi yang juara pertama ditambah piala dan piagam penghargaan," katanya.

Juara kedua mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp6 juta dan juara ketiga sebesar Rp5 juta. Selain hadiah, kata Didik, juga mendapat piala dan piagam penghargaan dari pemerintah daerah setempat.

Pada lomba karnaval instansi, panitia menyediakan hadiah Rp5 juta untuk juara pertama, Rp3,5 juta untuk juara kedua, Rp2 juta untuk juara tiga, masing-masing juga mendapat piala dan piagam penghargaan.

"Untuk peserta karnaval dari umum atau masyarakat disediakan hadiah dengan besaran yang sama dengan instansi untuk masing-masing juara pertama, kedua, dan ketiga," katanya.

Didik menjelaskan bahwa penilaian peserta karnaval dan mobil hias berdasarkan konten meliputi seni, budaya, dan keberhasilan pembangunan dalam kemasan "mobil hias" bukan becak motor, kereta kelinci, gilingan keliling, ataupun odong-odong.

Selama jalannya karnaval, lanjut dia, semua peserta dilarang melakukan atraksi di jalan yang mengakibatkan peserta lainnya terganggu.

"Atraksi dilakukan sambil berjalan dan sesama peserta dilarang untuk mendahului," katanya.

Selain itu, peserta karnaval wajib menampilkan visi Kabupaten Bantul yang sehat cerdas dan sejahtera.

Panitia melarang peserta membawa senjata tajam yang membahayakan bagi dirinya dan orang lain, serta atribut yang mengandung SARA atau parpol tertentu.

Sementara itu, rute karnaval HUT Kemerdekaan RI direncanakan dari Lapangan Trirenggo depan Rumah Dinas Bupati menuju Polsek Bantul, dilanjutkan menuju simpang lima Bejen dan finis di seputaran Gereja Klodran Bantul.


(T.KR-HRI)