Sleman miliki banyak potensi "sport tourism"

id sleman

Sleman miliki banyak potensi "sport tourism"

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan wisata olahraga atau "sport tourism".

"Banyak event `sport tourism` yang sukses digelar di Sleman, seperti Mandiri Jogja Marathon di area Candi Prambanan pada 23 April 2017, Sleman Temple Run pada 16 Juli 2017, dan Jelajah Wisata pada 10 September 2017," kata Kepala Dinas Parwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Jumat.

Menurut dia, Selain wisata budaya dan alam, salah satu potensi wisata yang bisa mengundang banyak wisatawan adalah melalui "sport tourism". Sport tourism menggabungkan aktivitas olahraga dan aktivitas wisata.

"Menteri Pariwisata Arif Yahya menyampaikan bahwa `sport tourism` sangat efektif dalam mempromosikan pariwisata berbagai daerah di Indonesia, karena media value-nya yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan, pada hari Minggu 29 Oktober 2017, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata Sleman bekerja sama dengan Lovina Event Organizer akan menggelar "sport tourism" dengan nama "Tour de Prambanan".

"Event bersepeda sejauh 100 kilometer ini dimaksudkan sebagai persiapan menjadikan Sleman sebagai salah satu tempat pelaksanaan event `road bike` skala nasional yang bergengsi," katanya.

Sudarningsih mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah menjadikan Sleman sebagai salah satu destinasi wisata olah raga terkemuka, memperkenalkan potensi pariwisata Sleman; dan menggali bibit unggul atlet "road bike" di Kabupaten Sleman.

"Dengan tema `Menyandingkan olahraga, budaya, dan pariwisata`, Tour de Prambanan ini akan dilepas pada pukul 06.00 WIB oleh Bupati Sleman di Lapangan Siwa, kompleks Candi Prambanan, dan diharapkan semua peserta dapat menyelesaikan kegiatan ini pada pukul 12.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan, rute yang akan dilewati dalam kegiatan ini meliputi 12 kecamatan di Kabupaten Sleman, yaitu Kecamatan Prambanan, Cangkringan, Pakem, Turi, Tempel, Minggir, Seyegan, Sleman, Mlati, Depok, Ngaglik, dan Kalasan.

"Bagi peserta Tour de Prambanan, diinformasikan bahwa Technical Meeting akan dilaksanakan pada Sabtu 28 Oktober 2018 di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Jalan Turgo, Denggung, Tridadi, Sleman mulai pukul 15.00 WIB. Dalam technical meeting ini, peserta akan mendapatkan kaos, buku panduan Tour de Prambanan, dan kupon door prize," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024