KPU Bantul lakukan dua tahapan pendaftaran pemilu

id Kpu bantul

KPU Bantul lakukan dua tahapan pendaftaran pemilu

Kantor KPU Kabupaten Bantul (Foto jogja.antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pekan keempat November 2017 melakukan dua tahapan terkait pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 bagi partai politik di daerah itu.

"Jadi saat ini ada dua tahapan yang saling beriringan, yaitu perbaikan administrasi bagi parpol yang belum memenuhi syarat dan penelitian administrasi berkas parpol," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Minggu.

Menurut dia, ada sembilan dari 14 partai yang setelah diteliti administrasi atau berkasnya hingga pertengahan November 2017 belum memenuhi batas jumlah 931 berkas, dan diminta melakukan perbaikan hingga 1 Desember 2017.

Ia mengatakan sedangkan pada pendaftaran tahap dua menyusul SE KPU terbaru yang menyatakan bahwa penerimaan daftar nama anggota parpol serta salinan KTA dan KTP elektronik dari pengurus sembilan parpol setelah putusan Bawaslu dilayani dari 20 sampai 22 November.

"Jadi pada tahap dua ini ada lima parpol yang menyerahkan berkas berupa salinan KTA dan KTP ke KPU Bantul, saat ini untuk pendaftaran tahap dua kami masih melakukan penelitian administrasi," katanya.

Johan mengatakan meski saat ini ada dua tahapan terkait persiapan menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2019, namun pada saatnya nanti dua tahapan itu akan bertemu pada tahapan yang berbarengan yaitu penetapan calon peserta.

"Jadi memang ada tahapan yang waktunya lebih pendek dari tahapan satunya, sehingga nanti pada akhirnya akan ketemu dua tahapan yang seiring berjalan ini. Yang jelas kita tunggu sampai 1 Desember tahapan perbaikannya," katanya.

Menurut dia, adapun lima partai yang masuk verifikasi berkas administrasi tahap dua itu yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), PIKA dan PKPI, Partai Rakyat dan Partai Idaman.
Sedangkan sembilan parpol yang harus melakukan perbaikan administrasi Partai Berkarya Partai Demokrat, Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Perindo, PKB dan Partai Serikat Indonesia (PSI).***2***


(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024