Kemenhub identifikasi lokasi rawan macet hadapi Natal

id budi karya

Kemenhub identifikasi lokasi rawan macet hadapi Natal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Kementerian Perhubungan akan mengidentifikasi lokasi-lokasi rawan macet menghadapi libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Kami berusaha mencarikan solusi untuk itu mengatasi masalah kemacetan di berbagai daerah selama libur Natal dan Tahun Baru 2018," kata Menteri Perhubungan Budi Karya di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan beberapa hal yang menjadi poin kritik akan dilakukan edukasi sejak awal. Untuk itu, pada Rabu (13/12) akan dilakukan rapat koordinasi.

Pada rapat ini, Kemenhub akan melakukan edukasi kepada pengusaha truk, bus, dan jasa angkut lainnya supaya kendaraan yang digunakan dalam kondisi layak.

"Kami juga akan melakukan pengecekan kendaraan secara intensif dan membuat peringatan bagi kendaraan yang tidak layak karena berdasarkan identifikasi yang kami lakukan, banyak kendaraan umum yang tidak layak," kata Budi Karya.

Terkait jalur dan titik kemacetan, lanjut Budi Karya, pihaknya sedang meminta seluruh dirjen, baik dirjen laut, udara dan kereta api untuk mengidentifikasi masalah.

"Secara keseluruhan, kami siap menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2018," katanya.



(U.KR-STR)