Lokasi parkir Pantai Glagah untuk pemudik ditambah

id pantai glagah

Wisatawan menumpang perahu di laguna atau danau buatan di Pantai Glagah Indah di Kabupaten Kulon Progo (Foto antarafoto.com)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menata dan menambah lokasi parkir di objek wisata Pantai Glagah untuk mengantisipasi kemacetan di objek wisata tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulon Progo Niken Probo Laras di Kulon Progo, Rabu, mengatakan dengan pembangunan bandara, dua pintu masuk ke Pantai Glagah ditutup sehingga pintu masuk timur menjadi pintu utama keluar masuknya kendaraan wisatawan.

"Selain itu, tumbuhnya wisata Taman Bunga Matahari (TBM) yang dikelola masyarakat akan menyebabkan kemacetan. Karena itu, kami akan melakukan rekayasa lalu lintas dan menambah lahan parkir di TBM," kata Niken.

Rencananya, lanjut Niken, lahan parkir pengunjung TMB menggunakan lahan milik warga. Biasanya, pengunjung TMB, memarkir kendaraan mereka di jalan. Kalau ini dibiarkan akan menyebabkan jalan di kawasan Pantai Glagah menjadi lumpuh total.

"TBM menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pantai Glagah. Untuk itu, kami mengantisipasi dengan menambah satu lokasi parkir yang menggunakan lahan milik warga. Pemilik lahan sudah sepakat, atas penggunaan lahannya untuk parkir selama libur Lebaran 2018," katanya.

Niken juga mengatakan Dispar hanya memberlakukan biaya retribusi seluruh objek wisata yang dikelola oleh pemerintah kabupaten (pemkab) sebesar Rp5.000 per orang. Yakni Pantai Glagah, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Gua Kiskendo, dan Puncak Suroloyo. Kemudian, retribusi objek wisata dikelola oleh masyarakat, ditentukan oleh mereka, Dispar tidak memiliki hak untuk mengatur mereka.

"Kami pastikan retribusi objek wisata di bawah Dispar besarannya sama yakni Rp5.000 per orang. Kalau ada yang memungut di atas kewajaran, silakan laporkan ke Dispar," imbaunya.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar Kulon Progo Sari Wulandari mengatakan jumlah pengunjung Pantai Glagah masih mendominasi kunjungan wisata dan menyetor PAD sangat banyak.

Biasanya, pada musim Lebaran seperti ini, pengunjung Pantai Glagah bisa meningkat lebih dari 25 persen dari hari biasa. Dispar meyakini akan ada 70.000 pengunjung Pantai Glagah sepanjang Juni 2018.

Dispar akan membuat lokasi parkir baru di kawasan Pantai Glagah mengantisipasi kunjungan wisatawan di kebun bunga yang ditanam masyarakat. Jangan sampai kendaraan yang berkunjung ke taman bunga, membuat macet jalan di Pantai Glagah.

"Kami tidak memasang target khusus jumlah pengunjung wisata saat libur lebaran," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar