Libur Lebaran menggerakkan 20 juta wisnus

id arief yahya

Libur Lebaran menggerakkan 20 juta wisnus

Arief Yahya (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan libur lebaran tahun ini telah berhasil menggerakkan perjalanan bagi 30 juta wisatawan nusantara dengan 20 juta di antaranya mereka yang mudik lebaran di kampung halaman.

        "Total 30 juta wisnus secara umum Alhamdulillah berjalan lancar,dan semua itu kita skenariokan," kata Menpar Arief Yahya dalam acara halalbihalal dengan keluarga besar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis.

        Arief Yahya menjelaskan untuk mengoptimalkan wisatwan nusantara (wisnus) dalam menikmati wisata lebaran 2018, Kemenpar gencar mempromosikan objek dan daya tarik wisata di masing-masing daerah.

        Hal itu dilakukan sebagai upaya agar menarik kunjungan wisnus serta membantu destinasi supaya dikunjungi wisatawan.

        "Kita pilih 10 destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, juga 10 kegiatan wisata serta 10 kuliner daerah terbaik dan kita lombakan. Semua upaya ini mendapat sambutan positif wisatawan," kata Arief Yahya.

        Menpar mengatakan, selama bulan Ramadhan pergerakan wisnus di Tanah Air turun hingga 50 persen.

        Pihaknya mencatat rata-rata pergerakan wisnus perbulan mencapai 20 juta namun pada Ramadhan jumlahnya turun menjadi hanya 10 juta.

        "Tapi jumlah itu tertutupi ketika memasuki liburan lebaran atau Idul Fitri jumlah pemudik mencapai 20 juta sehingga  periode Ramadhan-lebaran terjadi pegerakkan 30 juta wisnus," kata Arief Yahya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024