Parpol diminta koordinasikan bacaleg tes kesehatan

id muh isnaeni

Parpol diminta koordinasikan bacaleg tes kesehatan

Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaeni. (Foto Mamiek/Antara)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta partai politik mengkoordinasikan bakal calon anggota legislatif yang akan maju dalam Pemilu 2019 melakukan tes kesehatan di RSUD Wates.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo Muh Isnaini, di Kulon Progo, Selasa, mengatakan pihaknya sudah memfasilitasi pertemuan antara RSUD Wates dengan pengurus partai politik soal jadwal tes kesehatan bakal calon anggota legislatif (bacaleg).

"Salah satu syarat pendaftaran bacaleg harus melampirkan surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Untuk itu, kami fasilitasi pertemuan manajemen RSUD Wates dengan pengurus parpol," kata Isnaini.

Ia mengatakan jadwal tes kesehatan bagi bacaleg mulai Selasa (26/6) sampai dengan pendaftaran bacaleg ke KPU. RSUD Wates setiap harinya hanya mampu melayani 35 orang, sehingga perlu ada komunikasi antara RSUD Wates dengan parpol untuk mekanisme tes kesehatan.

Pada prinsipnya, tes kesehatan bacaleg berbeda dengan tes kesehatan pencalonan bupati. Semua biaya tes kesehatan pencalonan bupati ditanggung KPU, namun kalau tes kesehatan bacaleg menjadi domain pribadi mereka sebagai salah satu syarat pencalonan.

"Sebenarnya, tes kesehatan dapat dilakukan dimana saja. Tapi untuk menyamakan pandangan, kami kerja sama dengan RSUD Wates," katanya pula.

Isnaini mengatakan pendaftaran bacaleg Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada 4-17 Juli, sehingga parpol masih ada waktu menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran.

"Persyaratan bacaleg mulai dari syarat pencalonan hingga syarat calon," katanya lagi.

Pengurus DPC PDI Perjuangan Kulon Progo Arif Kurniadi mengatakan hari ini bacaleg PDI Perjuangan mendapat jadwal pertama tes kesehatan di RSUD Wates.

"Hari ini kami mendapat jadwal pertama tes kesehatan di RSUD Wates," katanya lagi.