Saka Pariwisata diharapkan ikut promosikan pariwisata Bantul

id pariwisata Bantul,saka pariwisata pramuka

Ilustrasi, anggota pramuka, dok (Foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan anggota Satuan Karya Pramuka Pariwisata ikut mempromosikan sektor pariwisata daerah itu supaya makin dikenal masyarakat luas.

Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Pemkab Bantul Totok Sudarto di Bantul, Kamis, mengatakan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Pariwisata agar membantu mempromosikan pariwisata dan kampanye Sapta Pesona dan Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota Pramuka.

"Bekal pengetahuan tentang kepramukaan, kepariwisataan dan Sapta Pesona dan Sadar Wisata hendaknya dapat dijadikan pegangan para pengurus dan anggota Saka Pramuka untuk memajukan pariwisata Bantul," katanya dalam pembekalan saat Pelantikan Pengurus Saka Pariwisata Bantul periode 2018-2023.

Menurut dia, pelantikan pengurus Saka Pariwisata merupakan awal bagi kelembagaannya untuk melangkah dan menyumbangkan tenaga dan pikiran demi pembangunan kepariwisataan di Bantul yang terus tumbuh.

"Pengurus dan anggota Saka Pariwisata diharapkan mampu membangun citra positif dunia pariwisata, dengan jiwa cinta kepada NKRI dan menyebar nilai-nilai kebaikan sebagai anggota Pramuka, saya yakin menambah maju dunia wisata Bantul," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, potensi generasi muda Indonesia sangat besar, untuk itu program revitalisasi gerakan Pramuka harus dilaksanakan guna menjaring anggota baru.

"Dengan makin bertambahnya anggota pramuka diharapkan mampu mewadahi aktivitas pelajar atau pemuda lebih produktif sebagai sarana pendidikan non-formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa," katanya.

Apalagi, menurut dia, dengan canggihnya teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, anggota Saka Pariwisata harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimilikinya untuk membantu promosi wisata Bantul.

"Promosi konvensional dengan berkeliling dan membagikan brosur memang sudah tidak efektif sehingga wisatawan domestik bahkan luar negeri bisa mengetahui wisata Bantul, namun harus diperkuat dengan promosi melalui internet dan media sosial," katanya.

Kwintarto juga berharap anggota Saka Pariwisata mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemandu Wisata dan Krida Kuliner Wisata.
(T.KR-HRI/B/A. Salim/)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar