BUMN HADIR - SMN Kalteng ikuti "outbound" di Lanud Adisutjipto

id Smn 2018

Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mengikuti permainan bola buta dalam kegiatan outbound di Kompleks Jupiter Adventure Zone (JAZ) Skadron Pendidikan 104, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa. (Foto Antara/Luqman Hakim)

 Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan outbound di Kompleks Jupiter Adventure Zone (JAZ) Skadron Pendidikan 104, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa.
         
Para siswa berprestasi itu tampak antusias menghadapi setiap rintangan dalam kegiatan outbound yang dipandu Instruktur Outbound Jupiter Adventure Zone (JAZ) Skadik 104 Lujeng.
         
"Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih siswa tentang kerja sama, percaya diri, dan kemampuan bertahan di segala medan seperti saat terjadi bencana," kata Lujeng.
         
Dalam kegiatan outbound tersebut, mereka dihadapkan berbagai game seperti bola buta, "bomb disposal" atau memindahkan bola dengan pegangan tali, "flying fox", hingga "over water" atau melintasi danau dengan jembatan tali.
         
Dalam permainan bola buta, Lujeng mencontohkan, kerja sama serta kekompakan tim sangat diperlukan. Pasalnya, satu orang dengan mata tertutup yang ditugaskan mencari bola hanya berpatokan pada aba-aba dari timnya.
           
"Yang jelas harus percaya diri dan percaya dengan timnya karena begitu tidak percaya dan tidak kompak jelas akan gagal," kata dia.
           
Kemudian dalam permainan over water, peserta harus menjaga keseimbangan disertai sikap tenang. Tanpa memiliki keyakinan dan terburu-buru peserta akan terpeleset dari pijakan tali dan tercebur ke danau.
           
Sikap itu bisa diterapkan saat terjadi peristiwa bencana, di mana seseorang tidak boleh terburu-buru dan menghadapinya dengan kepala dingin.
         
"Contoh saat terjadi gempa kita tidak bisa melawan alam, kita hanya bisa mengantisipasi dan menyelamatkan diri. Setelah selamat kita harus menyelamatkan orang lain," kata dia.
           
Salah seorang peserta SMN asal Kalteng, Akbar Tanjung (16) mengaku senang mengikuti kegiatan outbound tersebut. Selain menjadi pengalaman baru, menurut Akbar, banyak pelajaran yang bisa diambil dari rangkaian kegiatan itu.
           
"Sebenarnya tegang khususnya saat bermain 'flying fox' karena baru pertama kali. Tetapi kita bisa belajar tentang kedisiplinan dan kekompakan," kata siswa SMA Negeri 4 Sampit, Kalteng ini.
       
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Kegiatan outbound merupakan penutup dari kegiatan "Dua Hari Bersama TNI" dalam rangkaian Program SMN yang berlangsung di Yogyakarta.
       
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8). Mereka akan berada di Yogyakarta selama sepekan untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar