ASN Gunung Kidul diminta menjaga netralitas

id Netralitas ASN

ASN Gunung Kidul diminta menjaga netralitas

Bupati Gunung Kidul Badingah (Foto Antara)

   Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah meminta Aparatur Sipil Negara di wilayah ini menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 mendatang.
      "Kami meminta peran aktif masyarakat untuk melaporkan jika menemukan ASN ikut berpolitik. ASN harus netral, tidak boleh ikut kampanye," kata Badingah di Gunung Kidul, Kamis.
     Dia mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk membantu pemerintah mengawasi ASN selama kampanye.
     "Kami berharap kepada masyarakat jika menemukan ASN yang berpolitik untuk melaporkan. Foto saja nanti dikirim ke kami," katanya.
      Badingah mengatakan jika nantinya ditemukan ASN tidak netral maka akan memberikan teguran tertulis sesuai dengan mekanisme yang ada.
     "Nanti akan ditegur sesuai dengan tingkat kesalahannya," katanya.
      Ketua Bidang Penanganan Pelanggaran Bawaslu Gunung Kidul Sudarmanto mengatakan  netralitas tersebut dilakukan tidak hanya pada ASN, namun juga perangkat desa, TNI, Polri dalam proses Pemilu ini juga bekerja sama dengan instansi terkait.
     "Bawaslu akan melakukan proses penanganan pelanggaran apabila ada laporan maupun temuan tentang indikasi pelanggaran netralitas," katanya.
       Dia mengatakan akan melakukan sosialisasi kepada instansi untuk menjaga netralitas. "Kalau ASN ke komisi ASN, PNS ke BKPPD, TNI ke lembaga etik TNI dan kalau Polri ke polisi," katanya.