UIN Yogyakarta gelorakan Pancasila di kalangan pemuda

id yudian

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi PhD. (Foto istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Pekan Pancasila dan Bela Negara dalam rangka menggelorakan nilai-nilai Pancasila di kalangan pemuda pada era milenial saat ini.
     "Kegiatan itu mengagendakan berbagai lomba dan pertunjukan seni yang telah digelar sejak 27 Oktober 2018 serta seminar Pancasila dan Bela Negara yang akan dihelat pada 1-3 November 2018," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi PhD di Yogyakarta, Senin.
     Ia mengatakan agenda terbesar UIN Sunan Kalijaga sepanjang 2018 itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada pemuda terutama para mahasiswa tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), nilai-nilai Pancasila dan kehidupan berbangsa-bernegara.
     Selain itu juga untuk memberikan kesadaran tentang pentingnya mempertahankan NKRI dan Pancasila serta menghadapi berbagai tantangan kini dan hari esok dalam rangka mempertahankan NKRI, Pancasila, persatuan dan kesatuan bangsa.
     "Hal itu sebagai pembuka jalan dilaksanakannya pelatihan bela negara secara periodik di kampus UIN Sunan Kalijaga, dan sebagai wahana membangun benteng pemuda pembela negara dan Pancasila se-Indonesia," katanya.
     Ia mengemukakan topik-topik yang akan diseminarkan pada perhelatan besar itu antara lain peran agama dalam membela Pancasila dalam perspektif pemuda, Islam dan Pancasila, agama-agama di Indonesia dan Pancasila, bela negara di daerah perbatasan, Al Quran dan Pancasila di era kontemporer.
     Selain itu deradikalisasi, pemuda dan bela negara di era digital, organisasi kemasyarakatan dan Pancasila, ormas dan pemuda di era revolusi industri 4.0, Pancasila dalam perspektif generasi muda, serta Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan pembentukan karakter.
     "Peserta seminar adalah mahasiswa dari perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan serta dihadiri para pimpinan perguruan tinggi seluruh Indonesia. Dengan estimasi peserta sebanyak 5.000 orang," kata Yudian.
     Ia mengatakan, Pekan Pancasila dan Bela Negara di kampus UIN Sunan Kalijaga juga menghelat berbagai lomba yakni lomba karya tulis tingkat SLTP bertemakan Pemuda dan Bela Negara, lomba karya tulis Al Quran, Pancasila dan Matematika untuk mahasiswa S1, S2, dan Umum.
     Selain itu lomba hadroh se-DIY, lomba bulu tangkis tunggal putra dan putri untuk mahasiswa lingkup PTKIN/PTKIS se-Indonesia, lomba catur untuk sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga, lomba bulu tangkis ganda (pasangan Rektor dan Ketua PTKIN) se-Indonesia, dan lomba tenis meja (pasangan Rektor dan Ketua PTKIN) se-Indonesia.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar